top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

3 Fitur utama yang wajib ada pada aplikasi kasir online

Diperbarui: 28 Des 2022




Daftar isi

Buat kamu yang masih awam tentang aplikasi kasir online dan saat ini sedang mencari referensi aplikasi kasir online yang tepat untuk bisnis kamu, maka kamu wajib baca artikel ini sampai selesai.


Artikel ini cocok untuk bisnis apapun yang penting masih di skala UMKM.


Mungkin kalian saat ini sedang kebingungan mencari referensi produk aplikasi kasir online yang cocok untuk usaha kamu, tapi kamu sama sekali gak ngerti, sebenarnya fitur utama apa sih yang wajib ada di aplikasi kasir online.


Hanya ada 3 fitur utama yang wajib ada di aplikasi kasir online, apapun mereknya. Berikut akan saya urai satu persatu lengkap beserta fungsi dan keuntungannya buat kamu sebagai pemilik bisnis.


1. Fitur Transaksi Penjualan




Tentu saja menu ini harus ada di produk aplikasi kasir online. Ini adalah menu utama, kalau gak ada menu ini maka tidak layak disebut produk aplikasi kasir online.

Menu kasir ini adalah menu yang setiap hari dibuka oleh seorang kasir.


Fungsi dari menu ini adalah untuk mencatat transaksi penjualan. Bahasa kasar saya, ketika ada pelanggan datang ke outlet kamu untuk membeli makan/ minum maka dicatat di menu kasir ini.


Apa sih keuntungannya kalau setiap ada transaksi penjualan di catat ke menu kasir ini ?


Keuntungannya :


  1. Angka total penjualan/ nominal nota akan dihitung otomatis oleh aplikasi. Jadi kamu gak perlu hitung manual dengan kalkulator atau dihitung dengan otak yang menguras pikiran. Kalau sudah dihitung otomatis seperti ini, tentu saja pekerjaan kasir kamu jadi lebih mudah dan cepat, pelanggan pun terlayani lebih baik.

  2. Diskon, PPN, share revenue dengan ojol dan promo akan dihitung otomatis oleh aplikasi kasir online. Pasti warung kalian pernah kan memberikan potongan harga berupa diskon % pada pelanggan, mungkin juga outlet kalian mengenakan pajak PPN pada pelanggan, mungkin juga saat ini outlet kalian bekerja sama dengan gofood/ shopee food/ grab food yang mengenakan charge 20% setiap pembelian dari ojol (ojek online). Coba kalian bayangkan, perhitungan-perhitungan persen seperti itu kalau dihitung manual atau dihitung dengan kalkulator setiap hari, sangat makan waktu dan menguras otak. Nah dengan aplikasi kasir online perhitungan ini menjadi otomatis.

  3. Transaksi penjualan outlet kalian akan tercatat dengan rapi.


2. Fitur Cetak Nota/ Struk Belanja



Fitur ini akan membuat transaksi penjualan yang sudah dicatat akan tercetak ke printer. Lalu nota di robek dan diberikan pada pelanggan sebagai bukti pembayaran. Kasir tidak perlu lagi menulis nota manual yang rawan salah tulis dan makan waktu. Dengan cetak nota yang otomatis operasional bisnis jadi lebih cepat, praktis dan profesional.


Pelanggan juga merasa aman dengan nota ini, karena pelanggan bisa melihat apakah kasir sudah menginput transaksi penjualan dengan benar atau tidak, apakah harga yang ditagihkan sudah sesuai dengan harga yang yang tertera di buku menu atau tidak. Apakah kasir input double atau tidak. Apakah diskon sudah diberikan pada pelanggan atau belum.


Pilihan printernya bisa printer bluetooth ataupun printer wifi. Jika kamu ingin paperless maka aplikasi kasir online saat ini sudah menyediakan fitur kirim struk belanja via whatsapp maupun email.


Canggih kan.!


Dengan cara ini kamu gak perlu beli kertas thermal setiap bulan. Pelanggan juga diuntungkan, karena nota akan tersimpan aman di email ataupun di whatsapp, tidak hilang, tidak pudar dan tidak robek.


3. Fitur Pantau Bisnis Secara Online




Selanjutnya adalah pantau bisnis secara online. Pantau disini bukan melihat situasi outlet melalui CCTV ya. Pantau disini maksudnya adalah melihat laporan bisnis melalui handphone.


Laporan itu diantaranya adalah laporan omset, laporan keuangan dan laporan laba. Dengan adanya fitur ini, kalian sebagai pemilik bisnis tidak perlu datang langsung ke outlet hanya untuk mencari tahu berapa omset warung saat ini atau bertanya pada kasir.


Kamu cukup buka sebuah website, login dengan akun yang kamu miliki dan kamu bisa melihat semua laporan bisnismu disitu. Fitur ini membuat kamu sebagai pemilik bisnis mudah dalam menjalankan/ kontrol bisnis. Berapapun dan dimanapun outlet yang kamu miliki kamu bisa pantau semuanya hanya dengan membuka sebuah handphone dan website.


Itulah 3 fitur utama yang wajib ada pada aplikasi kasir online saat ini. Pastikan ketika kalian memutuskan untuk mulai menggunakan aplikasi kasir online maka 3 fitur itu wajib ada ya.


Jika kamu sedang mencari aplikasi kasir online yang sudah memiliki 3 fitur utama diatas dengan layar yang bersih dan bikin kasir kamu happy karena pemakaiannya yang mudah, maka kamu bisa pakai aplikasi kasir online nutapos. Chat langsung dengan tim penjualan nutapos disini ya 0813-9023-8796




bottom of page