top of page

4 Alasan Pentingnya Kitchen Display System untuk bisnis warung makan dan restoran skala UKM

Diperbarui: 27 Des 2022



Daftar isi



Kitchen Display System/ KDS di indonesia sudah ada, namun di kalangan bisnis kuliner skala UKM masih sedikit memanfaatkan teknologi ini. Hanya restoran-restoran besar yang sudah tahu pentingnya kitchen display system ini untuk keberlangsungan bisnis mereka. Padahal sebenarnya teknologi ini juga bisa digunakan oleh warung makan maupun restoran skala UKM di indonesia.


Apa sih Kitchen Display System itu ?

Kitchen Display System adalah sebuah perangkat lunak/ aplikasi yang dibuat untuk membantu staf dapur/ juru masak/ chef agar bisa bekerja lebih cepat, efektif dan efisien.


Kitchen Display System ini dipasang di dapur/ bar, sehingga staf dapur/ juru masak/ chef bisa melihat langsung pesanan menu yang dipesan oleh pelanggan tanpa harus bertanya pada waitress/ menunggu kertas pesanan dari waitress.


Kitchen Display System ini biasanya berupa teknologi web atau sebuah aplikasi android/ iOS.


Kitchen Display System berupa layar monitor/ tablet/ iPad/ komputer yang terhubung dengan aplikasi kasir yang ada di meja kasir dan dalam penggunaannya membutuhkan koneksi internet.


Kenapa Kitchen Display System diciptakan ?

Setiap produk diciptakan untuk menyelesaikan masalah.

Masalah apa saja sih yang biasanya terjadi di dapur sebuah bisnis warung makan atau restoran ?

  1. Juru masak salah memasak menu. harusnya membuat nasi goreng, tapi malah membuat mie goreng

  2. Juru masak lama dalam membuat menu

  3. Juru masak salah pilih prioritas dalam membuat menu

  4. Tidak memiliki sumber informasi yang akurat

Kitchen Display System diciptakan untuk siapa ?

KDS diciptakan untuk bisnis warung makan maupun restoran yang ingin memberikan pelayanan lebih cepat dan efisien kepada pelanggannya.


Kapan Kitchen Display System sebaiknya diterapkan pada bisnis ?

Ketika intensitas pesanan di warung sangat tinggi dan menginginkan kecepatan dalam penyajian menu pada pelanggan dan juga pemilik bisnis membutuhkan data analitik durasi pembuatan setiap menu maupun laporan performa dapur.


Pentingnya Kitchen Display System nutapos untuk bisnis kuliner dan restoran skala UKM di indonesia :


1. Meminimalisir kesalahan dalam membuat menu

Bisa anda bayangkan saat restoran atau warung kuliner di jam-jam sibuk situasi dapurnya kira-kira seperti apa ?

Tentu saja banyak pesanan masuk ke dapur, suara kompor, suara minyak, suhu ruangan panas dari api kompor, seluruh staf dapur sibuk membuat menu.


Di tengah situasi yang hiruk-pikuk tersebut sering membuat juru masak salah dalam membuat menu. Apalagi jika pesanan tersebut ditulis manual di kertas, noda minyak dan bumbu sangat mudah mengotori dan membuat tulisan jadi sulit terbaca, belum lagi tulisan tangan dari waiters yang kemungkinan susah dibaca oleh staf dapur.


Belum lagi kemungkinan pesanan ditulis berulang atau lupa ditulis oleh waiters sehingga staf dapur kelebihan atau kurang dalam membuat menu. Lengkaplah sudah tekanan.


Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa sering salah dalam membuat menu. Salah dalam membuat menu artinya komplain pelanggan muncul. Komplain pelanggan akan meningkatkan kekecewaan pada pelanggan, kekecewaan akan diingat oleh pelanggan dan pelanggan akan males untuk berkunjung ke warung/ restoran anda. Pada akhirnya omset dan profit turun.


Kitchen Display System nutapos hadir menyelesaikan masalah tersebut. Anda sebagai pemilik bisnis bisa meletakkan tablet/ iPad di dapur/ bar sesuai kebutuhan dan wajib menyediakan internet yang stabil, misalnya indihome, first media dkk.


Pesanan tidak perlu ditulis manual dengan bolpen dan kertas atau tidak perlu diprint di printer, karena pesanan secara otomatis akan tampil di layar dan juru masak bisa langsung membaca pesanan dengan mudah tanpa ada kesulitan dalam membaca tulisan.


Teknologi Kitchen Display System ini selangkah lebih maju ketimbang teknologi print pesanan dengan printer dapur, mengapa ?


Karena dengan Kitchen Display System nutapos ini terintegrasi dengan aplikasi kasir nutapos/ POS nutapos di meja kasir, selain itu juru masak juga bisa berinteraksi/ menginput data/ mengubah status pesanan menjadi "diproses" dan "selesai", selain itu KDS ini paperless.


2. Waktu pembuatan menu menjadi lebih cepat

Coba anda bayangkan, ketika pesanan ditulis dengan tangan oleh pelayan lalu diantar ke dapur butuh waktu berapa menit ?


Jawabannya bisa bervariasi ya. anggap saja 5 menit, artinya juru masak baru bisa menyajikan menu setelah 5 menit ya, itupun jika tidak ada antrian dengan menu pelanggan lainnya. Belum lagi lama proses pembuatan menu.


5 menit untuk 1 nota pesanan, jika ada 100 nota pesanan dalam 1 hari artinya restoran telah kehilangan 500 menit/ 8 jam setiap harinya. Padahal waktu di bisnis itu sangat mahal.


Dengan kitchen display system nutapos, masalah diatas akan hilang. Karena ketika kasir input pesanan di aplikasi kasir di meja kasir maka saat itu juga pesanan akan langsung masuk ke dapur melalui KDS nutapos ini. Informasi bergerak dari meja kasir ke dapur via internet dan paperless.


Wow...super cepat ya. Tidak ada delay lagi. Setiap hari restoran akan hemat 8 jam. Itu artinya restoran bisa melayani pelanggan lebih banyak yang artinya omset bisnis juga akan naik. Pelanggan akan puas dengan pelayanan yang super cepat ini.



3. Tidak salah dalam memilih prioritas menu yang harus dibuat

Semua pekerjaan itu penting, namun prioritasnya pasti berbeda. Salah memilih prioritas akan berdampak buruk bagi bisnis warung atau restoran anda.


Pesanan kertas yang digantung di dinding dapur membuat mata juru masak bekerja keras dalam memilih mana menu yang harus dibuat terlebih dahulu. Ingat, salah memilih prioritas pelanggan pasti teriak.


Menulis pesanan secara manual ke dapur membuat anda harus berfikir keras di sisi manajemen pesanan ini. Ingat, di bisnis bukan pelanggan saja yang harus anda buat senang, karyawan anda juga harus dibuat senang. Kalau mereka gak senang dengan manajemen kerja yang anda buat, mereka bisa pamit resign dan pindah ke warung kompetitor. wadidaw...


Dengan teknologi kitchen display system nutapos, manajemen pesanan menjadi mudah dan ringan. Karena sudah diurus oleh kitchen display nutapos. Simpan kerja otak anda untuk hal lainnya yang lebih taktikal.


Kitchen display system nutapos secara pintar akan membedakan dengan warna mana prioritas pesanan yang harus diutamakan dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Warna merah artinya prioritas utama, warna kuning artinya prioritas kedua, warna hijau prioritas ketiga. Anda bisa mengatur sendiri berapa kapan warna pesanan ini akan berubah, misal jika pesanan masuk ke dapur 20 menit maka warna pesanan dibuat menjadi merah. Asyik kan.


Tidak hanya warna, Kitchen display system nutapos juga memberikan notifikasi suara ketika ada pesanan baru masuk ke dapur. Sehingga staf dapur langsung tahu kalau ada pesanan baru yang masuk. Sangat intuitif bukan!


Yang lebih keren lagi, kitchen sisplay system nutapos juga terintegrasi dengan aplikasi pemesanan menu dengan QRCode yang kami sebut "My nutapos".


Ketika ada pelanggan yang memesan menu melalui My nutapos maka secara otomatis pesanan akan masuk ke kitchen display system yang ada di dapur. Cepat dan efektif.


Ketahui lebih lengkap tentang My nutapos disini



4. Kitchen display system sebagai sumber informasi

Dengan kitchen display nutapos, anda sebagai pemilik bisnis bisa mendapatkan informasi berupa laporan performa dapur. Di dalam laporan performa dapur anda bisa membaca apakah staf dapur anda kerjanya cekatan atau pelan. Sehingga anda bisa mengambil keputusan lebih tepat untuk bisnis.


Tantangan penggunaan teknologi Kitchen Display System di Indonesia :

Bisnis warung makan dan restoran kelas UKM di indonesia sebenarnya suka dengan teknologi ini, namun masih ada beberapa hambatan dari para pemilik bisnis diataranya :


  1. Komputer/ iPad, tablet yang diletakkan di dapur sebagai kitchen display khawatir kotor/ berminyak atau rusak karena orang dapur sehari-hari kerja memasak dengan tangan berminyak.

  2. Penggunaan kertas dinilai lebih nyaman karena kertas bisa dicorat-coret oleh staf dapur

  3. Pemesanan makan ke dapur dengan cara berteriak masih dijadikan ciri khas oleh beberapa warung makan


Kesimpulan :

kitchen display system nutapos, banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi warung makan dan restoran kelas UKM di indonesia.


Dengan fitur-fitur yang diusung oleh kitchen display system nutapos, warung UKM bisa meningkatkan profit dan menekan biaya operasional. Apalagi kitchen display system nutapos bisa terintegrasi dengan aplikasi kasir online/ Point of sales dan pemesanan menu via QRCode atau My nutapos.


Di negara maju, teknologi kitchen display system ini sudah banyak digunakan oleh restoran-restoran kecil skala UKM. Di indonesia pun juga sama. Hanya saja saat ini masih ada mental block dari pebisnis di indonesia. Semoga tulisan ini bisa membuka mindset anda sebagai pemilik bisnis restoran ya.


Jika anda ingin menggunakan teknologi kitchen display system ini bisa langsung chat Customer Support Mbak karina disini ya 0813-9023-8796









33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page