4 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

Diperbarui: 27 Mei 2019


Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis


Informasi tentang cara mendapatkan modal usaha sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia bisnis. Setelah sekian lama menjalani profesi sebagai karyawan, sudah saatnya Anda memulai bisnis yang Anda kelola sendiri. Terlebih, untuk Anda yang sudah memiliki ketertarikan pada jenis bisnis tertentu, Anda bisa mulai terjun untuk mengembangkannya.


Memulai bisnis adalah hal yang sangat mudah, terutama saat Anda sudah tahu ingin bisnis apa dan akan dapat modal dari mana. Khusus untuk modal, ada banyak cara untuk mendapatkan dana usaha. Anda bisa mengambilnya dari tabungan sendiri atau melakukan pinjaman. Untuk memberikan gambaran tentang cara mendapatkan modal usaha, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.


1. Jual atau Gadai Harta Pribadi yang Tidak Produktif

Besar kecilnya modal bergantung pada jenis usaha yang akan Anda jalankan. Untuk memulai usaha yang sederhana, Anda tentu belum membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mendapatkan modal dengan cara menjual harta atau benda yang kurang produktif. Ini adalah salah satu cara mencari modal usaha tanpa hutang.

Coba lihat sekeliling Anda, apakah ada benda yang bisa dijual untuk tambahan modal atau tidak. Benda elektronik seperti kamera DSLR, TV LED, kulkas, atau emas bisa dijual untuk tambahan modal usaha. Surat-surat berharga seperti BPKB kendaraan, sertifikat tanah, juga bisa digadaikan untuk mendapatkan pinjaman. Anda bisa coba membuat pertimbangan, apakah lebih baik menjual barang atau menggadaikan barang.


2. Coba Cari Teman untuk Menjadi Partner Bisnis

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengajak teman untuk menjadi partner dalam membangun bisnis. Jangan hanya mencari teman yang mau memberikan modal, tetapi carilah rekan bisnis yang punya visi dan misi yang sama. Dengan begitu, Anda bisa lebih ringan dalam memulai usaha.

Tak sembarang teman bisa menjadi rekan bisnis. Anda harus memilih teman yang punya keinginan kuat untuk membangun bisnis, memiliki visi-misi yang sama, juga mempunyai modal dana untuk membangun bisnis. Keuntungan bisnis bisa dibagi menjadi dua. Bagi hasil keuntungan ini bisa menjadi obrolan awal antara Anda dan teman Anda tersebut.


3. Ajukan Kredit Tanpa Agunan ke Bank

Cari modal usaha tanpa jaminan bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Sekarang ini, pemerintah punya program untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. Untuk mendukung program tersebut, banyak bank yang membuka jenis pinjaman tanpa perlu ada barang yang diagunkan. Anda bisa membuat pinjaman berdasarkan limit pinjaman tertentu. Akan tetapi, untuk melakukan pinjaman tanpa agunan, Anda biasanya harus melampirkan slip gaji. Data ini untuk memastikan bahwa Anda tetap bisa membayar cicilan hutang tiap bulannya.


4. Ajukan Pinjaman Online

Di era yang serba canggih seperti ini, Anda juga bisa melakukan pinjaman secara online. Rata-rata pinjaman online juga memang tidak membutuhkan jaminan. Ada beberapa aplikasi kredit online yang bahkan tidak mensyaratkan slip gaji. Akan tetapi, limit pinjaman online ini biasanya kecil. Untuk bisa mendapatkan limit pinjaman yang besar, Anda butuh melampirkan slip gaji dan berbagai persyaratan lainnya. Dengan begitu, lembaga penyedia modal usaha online ini baru bisa menaikkan limit pinjaman.


Ada banyak sekali cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Setelah modal terpenuhi, selanjutnya Anda harus punya tekat yang kuat untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Konsistensi dan semangat Anda adalah hal penting dalam mengembangkan sebuah usaha.

19 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS