4 Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Diperbarui: 27 Mei 2019


Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Strategi pemasaran menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis. Produk barang atau jasa yang Anda jual harus dipasarkan dengan baik agar bisa menjangkau target market perusahaan. Dengan begitu, perusahaan Anda pun bisa mencapai omset tertentu dan mendapatkan keuntungan. Secara sederhana, strategi pemasaran bisa diartikan sebagai cara atau metode untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan. Dalam istilah sekarang, pemasaran sering disebut dengan marketing. Strategi marketing ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Sebelum melaksanakan strategi tertentu, Anda harus tahu beberapa jenis strategi marketing berikut ini.


1. Penjualan Langsung (Direct Selling)


Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Direct selling adalah jenis strategi pemasaran yang mana penjual menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen. Meski disebut sebagai penjualan langsung, direct selling tidak termasuk penjualan melalui toko atau retail. Direct selling adalah penawaran barang atau jasa yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung konsumen yang termasuk dalam target pasar.

Jenis pemasaran seperti ini disebut sebagai strategi marketing tradisional. Strategi ini sangat cocok untuk memasarkan jasa-jasa yang membutuhkan penjelasan detail, seperti asuransi. Untuk produk-produk barang, strategi ini tak terlalu menguntungkan.


2. Internet Marketing


Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Strategi marketing yang kedua adalah mengandalkan media internet. Ini adalah sebuah strategi marketing yang banyak dilakukan oleh pengusaha modern. Mengapa banyak dipilih? Karena strategi ini paling efektif dalam menjangkau target pasar juga tidak membutuhkan biaya promosi yang begitu mahal.

Internet marketing mengandalkan media internet untuk mempromosikan barang. Anda bisa memanfaatkan website, facebook, instagram, atau email marketing untuk memasarkan produk. Kunci sukses strategi marketing ini terletak pada seberapa bagus Anda dalam membuat konten. Konten marketing harus bisa menginformasikan, mengajak, dan membujuk klien untuk membeli produk Anda.

Konsep strategi pemasaran melalui internet ini lebih tak terbatas. Anda harus mempunyai ide-ide yang kreatif untuk mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga harus punya teknik pemasaran yang baik agar konten promosi yang Anda sebar di internet bisa dijangkau oleh lebih banyak orang.


3. Earned Media


Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Strategi marketing ini berbeda dengan direct selling dan internet marketing. Earned media adalah teknik penjualan secara tidak langsung. Fokus yang diupayakan ketika melakukan strategi ini adalah agar calon konsumen percaya dengan produk Anda. Dalam hal ini, Anda harus punya strategi ampuh untuk membangun brand. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda.

Caranya bagaimana? Anda bisa mulai dengan memberikan informas-informasi terkait produk. Tak melulu tentang jualan produk. Akan tetapi, Anda bisa mulai membuat konten-konten yang informatif.


4. Point of Purchase



Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui

Poin of Purchase atau POP adalah contoh strategi pemasaran dengan menempatkan iklan atau material marketing di dekat produk yang sedang promo. Strategi ini cocok sekali diaplikasikan pada usaha retail. POP juga berkaitan dengan penataan barang pada toko retail. Barang-barang yang mudah dibeli dan disukai anak-anak biasanya ditempatkan di etalase dekat kasir. Supaya apa? Supaya orang-orang tergiur untuk membeli. Semakin baik penataan display, semakin laku barang yang dipromosikan.


Demikian adalah tiga penjelasan mengenai strategi pemasaran. Untuk bisa memaksimalkan omset sebuah perusahaan, Anda wajib mempunyai strategi yang bagus untuk memasarkan produk Anda. Dalam hal ini, Anda membutuhkan orang-orang yang tepat untuk mengisi bagian marketing. Orang-orang yang punya sisi kreativitas yang tinggi adalah orang yang cocok menempati posisi ini.

25 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS