4 Rahasia Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Banjir Repeat Order!

Diperbarui: 27 Mei 2019


4 Rahasia mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Banjir Repeat Order!

Seperti yang kita tahu di setiap kita membangun sebuah bisnis apalagi dalam bidang penjualan, konsumen adalah elemen terpenting dan utama untuk meningkatkan omset kita. karena mau sebagus apapun produk yang kita jual kalau konsumen nya gak ada juga sama dengan bohong. Begitupun juga di saat bisnis atau usaha kita mulai berkembang tetapi intensitas konsumen yang datang juga sedikit artinya pemasaran kepada konsumen kurang dan bisnis jalan di tempat. Lagi-lagi semua balik lagi ke konsumen. Nah bagaimana agar setiap konsumen kita selalu berkelanjutan, berkembang, repeat order, bahkan bisa secara tidak langsung mempromosikan produk yang kita jual ke orang-orang di sekitar mereka (mempertahankan loyalitas pelanggan). Tentu ini adalah impian setiap pebisnis di luaran sana agar yang namanya passive income semakin dalam genggaman. Untuk menumbuhkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan sebenarnya cukup mudah, namun untuk pengaplikasiannya yang penuh tantangan. karena kita akan dihadapkan dengan segala seluk beluk setiap pelanggan kita, bagaimana cara memahami mereka, dan memberikan yang terbaik pula untuk mereka, berikut rahasia mempertahankan loyalitas pelanggan;


1. Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama memang efeknya daridulu tidak pernah berubah, dari ke sesama pasangan kita, untuk melamar pekerjaan menghadap ke HRD, bahkan dalam hal membangun hubungan dengan para konsumen kita. Kesan pertama seperti daya magis yang akan terus terpatri dalam pikiran setiap orang, walau memang nanti tidak selalu akan berpengaruh dalam membangun hubungan jangka panjang, tetapi setidaknya kesan pertama ini sama dengan 80% kita berhasil membuat pelanggan kita loyal kepada kita dan bukan tidak mungkin untuk mempertahankan loyalitas pelanggan kita nantinya.


2. Pelayanan dan Respon yang cepat

Pelayanan atau servis kepada adalah hal kedua yang teramat penting untuk mendapatkan hati konsumen, jikalau di kesan pertama kita agak kurang bagus, maka bisa kita antisipasi di servis serta respon pelayanan support kita. Karena sekarang semua sudah serba cepat, restoran cepat saji saja sudah bertaburan dimana-mana. Semakin kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat pula ke para konsumen kita maka tak ayal lagi untuk mereka menjadi loyal ke kita bukan sekedar impian.


3. Pahami Keinginan setiap Pelanggan

Nah langkah ketiga ini erat hubungannya dengan memberikan pelayanan yang cepat dan responsif sebelumnya. memberikan pelayanan yang baik tentunya harus memahamin keinginan para pelanggan kita, misal mereka ingin pesan sesuatu yang sama atau khusus, kita harus mau melayani dan memahaminya dengan lapang dada, kalaupun ada yang minta aneh-aneh harus kita layani juga dengan sepenuh hati. Memang secara effisiensi waktu kurang efektif, tetapi itu akan berkesan ke dalam diri mereka. Bukan tidak mungkin, siapa tahu pelanggan tersebut akan menjadi loyal datang terus ke toko kita dan bahkan membantu mempromosikan produk kita secara tidak langsung ke kerabat serta orang-orang di sekitarnya. Impossible is Nothing.


4. Terapkan Sistem membership

Terakhir, adalah terapkan sistem VIP atau membership kepada pelanggan anda yang sudah ada inisiasi untuk loyal kepada kita. Gunanya menerapkan sistem membership itu sendiri adalah untuk menghormati serta menghargai mereka. karena secara tidak langsung, percaya atau tidak terkadang untuk pelanggan kita yang sudah masuk sistem membership nya, mereka akan timbul rasa bangga, bahkan ada yang sampai memaksakan keloyalan dirinya adagar bisa masuk ke sistem membership itu sendiri. Biasanya itu terjadi untuk status sosial di dalam masyarakat. Kita sebagai pelaku bisnis setidaknya harus peka terhadap hal-hal tersebut dengan cara lebih memahami dan memperhatikan setiap pelanggan yang sudah datang ke toko kita. Mungkin untuk effisiensi jangan pendek tidak cocok, tetapi untuk jangka panjang nantinya efeknya akan kembali ke kita sendiri, seperti pepatah, barangsiapa yang menanam, maka dia nanti akan menuainya.


Demikian tips dan langkah menumbuhkan keloyalan konsumen kepda kita diatas. Apakah anda sudah mencoba ke 4 langkah diatas? atau cuma satu, atau mungkin hanya beberapa langkah saja?. Ada baiknya kita maksimalkan agar hasilnya juga maksimal kedepannya untuk pengembangan bisnis dan usaha kita.


Nutapos Aplikasi Kasir yang handal, cepat, smooth dan stabil dalam pengoperasiannya, sangat cocok untuk digunakan disetiap bisnis anda yang membutuhkan pelayanan dan respon yang cepat tanpa takut lelet, lag, serta error. Terlebih dalam bisnis-bisnis UKM atau yang mengandalkan pelayanan dan respon yang cepat, kesalahan sedikit saja dalam aplikasi kasir yang digunakan akan membuat proses penjualan atau transaksi lainnya ikut terhenti. Akibatnya akan menimbulkan kerugian pada bisnis kita pada hari itu.

Tidak mau kan hal seperti itu terjadi kepada bisnis anda? maka jangan salah pilih aplikasi kasir, Nutapos saja hehe


Pahamilah Orang Lain seperti anda memahami diri anda sendiri, sehingga kelak suatu saat anda serta orang-orang disekitar anda akan saling memahami satu sama lain

32 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS