top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

6 Keuntungan pesan menu dengan QRCode (e-menu) pada Bisnis Kuliner

Diperbarui: 27 Des 2022




Pernah makan di sebuah warung yang antrinya sampek mengular dan lama banget untuk pesan menu nya ?


Bayangkan anda sedang laper banget, lalu berdiri ngantri, kaki pegel berdiri, udara juga panas, perut kerucuk-kerucuk, anak rewel nangis karena kelaparan antara mau pingsan dan pengen teriak. Senggol bacok!!


Antrian itu bisa terjadi karena beberapa hal :

  1. Kasir menulis manual pesanan pelanggan pada kertas

  2. Pelanggan banyak tanya ke kasir mengenai rasa produk, foto produk, produk yang laris dan yang enak yang mana

  3. Pembayaran masih menggunakan uang cash yang memerlukan uang kembali ke pelanggan

Melihat masalah tersebut muncullah solusi pemesanan makan dan minum dengan aplikasi. Pelanggan cukup duduk di kursi dan men scan QRCode yang ada di meja lalu melakukan pemesanan dan pembayaran dengan handphone pribadi mereka. Selanjutnya pelayan akan datang menghidangkan menu yang kita pesan. Sangat mudah, bebas, cepat dan menyenangkan bukan.


Sebagian besar orang di indonesia menyebut teknologi ini sebagai E-Menu.




Daftar isi



Apa sih E-menu itu ?

E-Menu adalah sebuah produk aplikasi android/ iOS/ Web yang dibuat untuk membantu pemesanan menu dalam sebuah restoran agar lebih cepat, praktis dan menyenangkan.


Kenapa E-menu diciptakan ?

Tujuan utama e-menu diciptakan adalah agar tidak ada antrian panjang dan melelahkan di sebuah warung makan atau restoran.


Kapan E-menu sebaiknya diterapkan ke bisnis warung makan ?

Ketika antrian panjang terjadi setiap hari atau di hari-hari tertentu dan di jam-jam tertentu maka mulailah gunakan teknologi e-menu.


Bagaimana cara kerja E-menu ?

Pada umumnya cara kerja E-menu adalah, pelanggan diwajibkan instal aplikasi android/ iOS lalu registrasi dengan memasukkan nama, email dan no handphone. Setelah berhasil registrasi pelanggan bisa melihat foto menu, nama produk, harga produk setelah itu pesan dan bayar dengan uang digital


Pentingnya E-menu untuk bisnis warung makan dan restoran kelas UKM di indonesia :


1. Menghilangkan antrian di depan meja kasir




Antrian yang panjang adalah kekesalan yang dalam bagi pelanggan. Di satu sisi antrian yang panjang adalah berita bahagia bagi anda sebagai pemilik bisnis, itu artinya anda sukses dalam penjualan dan sukses mendatangkan trafic.


Antrian tetaplah antrian, anda tetap harus menciptakan antrian dalam berbisnis namun ini pertanyaan yang akan membuat otak anda berfikir keras. Siap ya..


"Gimana caranya mereka tetap rela antri dan mereka gak kesel dengan antrian di bisnis anda?"


Solusinya adalah E-menu dari nutapos yang biasa kami sebut "My nutapos". Dengan My nutapos, antrian panjang tidak akan terjadi. Kok bisa ?


Karena ketika pelanggan datang cukup scan QRCode yang dipajang di standing banner atau pelanggan langsung mencari meja kosong dan scan QRCode yang ada di meja. Keunggulan dari My nutapos ini adalah tidak perlu instal aplikasi dan tidak perlu registrasi yang panjang, cukup log in dengan akun email gmail atau nomor whatsapp.


Selanjutnya pelanggan bisa langsung pesan menu dan bayar dengan uang digital contohnya gopay, shopeepay, dana, ovo, transfer BCA dkk.


Duduk manis dan hidangan akan diantar oleh pelayan ke meja anda.



2. Menghemat tenaga karyawan hingga 50%




Jika anda ingin menghemat biaya operasional bisnis maka gantilah manusia dengan mesin.


Saya masih heran dengan pemilik bisnis yang ketika berkomentar, "warung saya masih UKM jadi gak perlu teknologi e-menu yang canggih seperti ini!"


Jawaban saya, justru karena bisnisnya masih kecil sangat direkomendasikan menggunakan E-menu. E-menu adalah pengganti manusia.


Coba bayangkan, dengan My nutapos, anda bisa berhemat berapa karyawan ? jika gaji 1 waiters anda Rp 2 juta/ bulan, artinya dalam setahun anda bisa berhemat 24 juta + 1 kali THR yaitu total Rp 26 juta.


Itu kalau yang anda pangkas 1 karyawan, kalau 2 karyawan yang dipangkas, anda hemat 52 juta/ tahun. Luar biasa ya.


Dengan My nutapos membuat pelanggan yang memesan secara mandiri atau bahasa kasar saya, anda menyuruh pelanggan anda "bekerja" tapi gak dibayar.



3. Bisnis lebih untung



Setiap ada yang memesan menu melalui E-menu My nutapos, pelanggan akan dapat poin belanja. Poin belanja ini bisa dikumpulkan dan ditukar/ redeem dengan diskon produk ataupun produk gratis.


Pelanggan akan senang berbelanja di warung anda karena terstimulus oleh poin yang anda berikan.


Anda sebagai pemilik warung juga senang karena omset terus naik


Hal ini menciptakan skema yang saling menguntungkan antara warung anda dan pelanggan.


Poin belanja juga akan terekam otomatis dan detail di e-menu My nutapos.


Jika anda sebelumnya sudah memiliki sistem loyalty pelanggan dari produk selain nutapos, anda bisa memindahkan poin pelanggan dari sistem lama ke sistem baru My nutapos.



4. Mendapatkan Database Pelanggan

Setiap ada pelanggan yang berbelanja melalui e-menu My nutapos di warung anda, maka secara otomatis data pelanggan tersebut akan masuk pada database pelanggan anda di cloud nutapos dan akan jadi milik anda.


Ini yang sering terlewatkan oleh pebisnis kuliner yang masih awam tentang database.


"Database pelanggan buat apa sih ?"


Database pelanggan yang besar dan pengelolaan yang mandiri membuat bisnis anda lebih mudah dibesarkan.


Contoh : Dengan database pelanggan yang besar anda bisa mengirim info produk baru di warung anda hanya dengan sekali kirim email atau sekali Blast Whatsapp.


Mudah, murah dan tepat sasaran.


Gak perlu cetak brosur buat ngasih tahu produk baru ke pelanggan anda. Mahal.


Yuk kumpulkan database pelanggan mulai sekarang dengan e-menu My nutapos.



5. Penyajian menu jadi lebih cepat




Pernah melihat pelanggan komplain sambil marah-marah karena hidangan tak kunjung datang ?


Itu adalah suasana yang tidak menyenangkan.


Dengan e-menu My nutapos, pemesanan ditulis secara digital melalui aplikasi dan langsung akan masuk ke tablet nutapos di meja kasir dan kitchen display di dapur secara bersamaan saat itu juga. Sehingga durasi penyajian menu jadi lebih cepat. Pelanggan akan senang, dan membicarakan brand anda, omset dan profit jadi naik.



6. Pengganti buku menu



Sudah mendesain buku menu yang keren pakai jasa desainer grafis, lalu dicetak eklusif ternyata 1 minggu berikutnya ada perubahan menu dan harga sehingga harus edit dan cetak ulang. Haduuhhh. Jadi ngeluarin duit lagi.


Kebayang kan capek dan ruginya!


e-menu My nutapos juga bisa menggantikan buku menu konvensional dengan biaya Rp 0 rupiah dan pengaturan yang fleksibel dan menariknya lagi, ketika anda mengedit foto, harga dan menu produk maka akan berubah saat itu juga/ real time.


Dengan e-menu My nutapos gak butuh lagi buku menu konvensional. Bye-bye buku menu.


Kesimpulan :


e-menu My nutapos banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi warung makan dan restoran kelas UKM di indonesia.


Dengan fitur-fitur yang diusung oleh e-menu My nutapos, warung UKM bisa meningkatkan profit dan menekan biaya operasional. Apalagi e-menu My nutapos bisa terintegrasi dengan aplikasi kasir online/ Point of sales dan kitchen display system


Jika anda ingin menggunakan teknologi e-menu dari My nutapos ini bisa langsung chat Customer Support Mbak karina disini ya 0813-9023-8796



Comments


bottom of page