6 Tips Sebelum Berlangganan Aplikasi Kasir Online
top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

6 Tips Sebelum Berlangganan Aplikasi Kasir Online



Daftar isi :



Kamu sudah memutuskan untuk berlangganan aplikasi kasir online, nah sekarang mimin mau berbagi tips apa saja yang harus kalian perhatikan sebelum berlangganan aplikasi kasir online.


1. Pilih aplikasi kasir online se spesifik mungkin





Ini sangat-sangat penting. Penyedia aplikasi kasir biasanya susah menolak calon pelanggan/ susah menolak omset, bisa juga penyedia aplikasi kasir ingin mendapatkan market yang besar dengan cara memberi tahu calon pelanggan bahwa produknya bisa untuk bisnis kuliner, bisnis retail, bisnis laundry, bisnis barbershop, bisnis rental mobil dan bisnis lainnya.


Coba sekarang gunakan logika anda, apakah mungkin dalam 1 produk aplikasi kasir online bisa mengakomodir semua lini bisnis diatas ?


Jika anda sakit kepala, apakah anda minum obat sakit kepala atau sakit mata atau minum obat yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit ?


Setiap masalah pasti punya solusinya sendiri. Begitupun bisnis anda.

Jika bisnis anda adalah bisnis kuliner maka pilihlah produk aplikasi kasir online yang spesifik diciptakan untuk bisnis kuliner.


Jika bisnis anda retail maka pilihlah produk aplikasi kasir online yang spesifik mengatasi masalah-masalah di bisnis retail.


Jangan pakai produk yang general!

Produk general hanya mampu mengatasi masalah general di bisnis anda. Akibatnya produk yang anda beli jadi kurang maksimal.


Jika anda membeli produk aplikasi kasir online yang dirancang untuk bisnis retail sedangkan bisnis anda adalah bisnis kuliner maka anda akan melihat menu/ tombol yang tidak berguna untuk bisnis kuliner anda. Tentu saja itu sangat mengganggu dalam penggunaan aplikasi kasir online.


2. Fitur produk




Saat ini banyak penyedia aplikasi kasir online yang menawarkan segudang fitur untuk mendapatkan konsumen.

Memiliki banyak fitur akan terasa menang dan keren.

Pertanyaannya adalah apakah anda butuh segudang fitur itu ?

Buat apa membeli fitur yang sebenarnya tidak anda butuhkan dalam bisnis anda.


Fitur yang lengkap namun tidak dibutuhkan oleh bisnis anda hanya akan mengotori aplikasi kasir anda. Betul ?


Fitur yang lengkap namun tidak dibutuhkan oleh bisnis anda hanya akan menambah kebingungan saat pemakaian. Betul ?

Cara paling bijak adalah dengan melihat kondisi bisnis anda saat ini, titik mana pada bisnis anda yang harus diselesaikan dengan aplikasi kasir online.


Nah silahkan buat daftar kebutuhan apa saja yang anda inginkan ada pada aplikasi kasir online lalu cocokkan dengan fitur yang ada pada aplikasi kasir online incaran anda.


3. Tersedianya percobaan dan konsultasi gratis




50% Keraguan anda saat menentukan pilihan aplikasi kasir online akan terjawab disini. Jadi pastikan produk aplikasi kasir online incaran anda menyediakan trial/ percobaan gratis dan konsultasi gratis selama masa percobaan.


Biasanya masa trial yang disediakan adalah 14 hari dan 30 hari.


Coba dulu kalau cocok barulah transfer. Asyik kan!

Kalau gak cocok ? coba aplikasi lainnya.


Masa trial ini sangat penting, di masa trial ini anda bisa benar-benar mencoba memasukkan data transaksi bisnis pada aplikasi kasir online. Saya sarankan saat mencoba aplikasi kasir online gunakan data asli ya, jangan pakai data mainan atau yang lebih bagus lagi adalah beneran digunakan di bisnis anda sehari-hari.


Kenapa ?

Karena kalau pakai data asli anda akan bisa mengevaluasi apakah aplikasi kasir online itu cocok untuk bisnis anda atau tidak.


Saat trial jika ada kebingungan dalam pemakaian aplikasi kasir online, anda bisa menghubungi customer service untuk berkonsultasi. Disini selain sebagai sarana mencari jawaban, anda juga bisa sekalian cek dan merasakan pelayanan sebelum pembelian produk. Sambil menyelam minum air.


4. Layanan purna jual




Produk aplikasi kasir online bisa dibilang adalah jasa. Karena tergolong jasa maka pastikan produk aplikasi kasir online yang anda beli memiliki layanan purna jual terjamin.

Definisi terjamin salah satunya ketika anda sudah membeli aplikasi kasir online pastikan tetap mendapat dukungan setelah membeli.


Dukungan apa sajakah itu ?

1) Dukungan ketika anda kebingungan dalam penggunaan produk.

2) Dukungan perbaikan ketika ada eror.

3) Dukungan kunjungan ke outlet jika via online tidak mencukupi.

4) Dukungan seputar hardware.

5) Dukungan memaksimalkan fitur yang ada atau fitur baru.

6) Dukungan pelatihan ulang via online maupun offline.


Jangan sampai anda tergoda harga murah atau gratis tapi mengabaikan dukungan purna jual diatas.


Percuma saja dapat harga murah atau gratis tapi anda tidak bisa memaksimalkan produk aplikasi kasir online yang anda beli. Ujungnya akan mengganggu operasional bisnis anda.


5. Sesuaikan budget




Saat memilih aplikasi kasir online sesuaikanlah dengan budget yang anda miliki. Belilah fitur yang memang benar-benar anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah anda. Jangan membeli fitur yang tidak anda butuhkan saat ini dengan mengeluarkan uang lebih. Belilah fitur yang dibutuhkan saat ini. Ketika bisnis anda sudah mulai tumbuh dan berkembang mulailah membeli fitur tambahan.


6. Kantor




Apakah perlu ada kantor aplikasi kasir online di kota anda ?


Pasti anda berfikir harus ada kantor karena kalau ada apa apa dengan produknya bisa datang langsung.


Memang benar kalau ada kantor aplikasi kasir online di kota anda akan lebih tenang bagi anda.


Anda bisa mendatangi kantor tersebut ketika ada masalah dengan produk maupun layanannya.


Dari pengalaman kami, sebenarnya yang anda butuhkan bukan kantornya, tapi layanannya.


Jadi kesimpulannya kalau ada kantor aplikasi kasir online di kota anda akan lebih baik, kalaupun tidak ada sama sekali tidak masalah, anda tetap bisa terhubung dengan chat dan telpon.


Ingat, yang penting layanannya bukan kantornya. Setuju ?


Itulah beberapa tips sebelum anda memutuskan membeli atau berlangganan aplikasi kasir online. Semoga anda bisa mendapatkan aplikasi kasir online yang tepat untuk bisnis anda.


Jika anda membutuhkan aplikasi kasir online yang spesifik diciptakan untuk bisnis kuliner maka anda bisa mencoba aplikasi kasir online nutapos.


Konsultasi langsung ke Customer Service kami disini atau via whatsapp 0813-9023-8796




bottom of page