Alasan Anda Harus Mulai Memasarkan Produk di Marketplace!

sumber : alona.co.id


Marketplace merupakan sebuah platform, bisa berupa website atau aplikasi, yang dikelola oleh pihak ketiga untuk memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli secara online. Secara mudah, Anda bisa mengibaratkan marketplace adalah sebuah pasar online dengan berbagai barang dagangan dimana penjual dan pembeli bisa saling berinteraksi dan bertransaksi.. Ecommerce di Indonesia bisa dibilang memiliki masa depan yang cukup baik. Marketplace adalah salah satu pemain terbesar dalam bisnis ecommerce Indonesia. Ini dilihat dari terus meningkatnya penggunaan selama lima tahun terakhir.

Apakah Anda berkeinginan untuk mulai berjualan di marketplace? Berikut adalah keuntungan menggunakan marketplace bagi bisnis Anda.


Lebih Mudah Dikelola

Anda bisa memulai bisnis kapan saja dan dimana saja. Anda hanya perlu menentukan marketplace mana yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin memakai Tokopedia, Anda cukup memiliki akun google, email, dan nomor telepon yang sudah terverifikasi.


Menghemat Biaya

Memakai situs marketplace tidak dikenakan biaya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membuat toko online atau website sendiri kemudian mempromosikannya. Di marketplace, pembeli atau konsumen akan melihat barang dagangan Anda yang ditampilkan dalam marketplace.


Tak Perlu Buang Waktu Merancang Sistem dan Strategi Marketing

Dengan berjualan di marketplace, Anda sebenarnya tidak perlu merancang sistem khusus untuk bisnis online Anda, seperti website, desain, dan alur pembelian produk. Marketplace sudah menyiapkan sarana transaksi dengan lengkap dan terintegrasi. Anda hanya tinggal menyiapkan konten visual dan keterangan atau deskripsi mengenai keunggulan produk Anda. Pihak marketplace akan membantu Anda dengan membuat strategi marketing tertentu. Anda tidak perlu repot mengurus strategi. Anda tinggal memastikan kualitas produk Anda dan ketersediaannya.


Lebih Mudah dan Hemat dalam Menjangkau Pembeli

Keuntungan paling jelas dari berjualan di marketplace adalah produk yang dijual akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli. Jangkauan pasar ketika Anda berjualan di marketplace tentu akan lebih luas..Apalagi ecommerce yang Anda pakai adalah ecommerce yang punya cukup nama baik di masyarakat. Jika Anda berjualan di toko online sendiri, Anda akan cukup sulit menjangkau pasar dan memerlukan strategi promosi yang perlu dipikirkan secara matang.


Menemukan Relasi

Selain gampang menjangkau pembeli, berjualan di marketplace juga memungkinkan Anda bertukar informasi dengan sesama sehingga bisa membuka peluang menjalin bisnis di kemudian hari.

Meskipun banyak keunggulan berjualan di marketplace, Anda juga harus tetap mempertimbangkan kelemahan berjualan di marketplace, seperti banyaknya kompetitor, brand awareness yang nantinya akan susah didapat, dan fitur-fitur yang terbatas.

4 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS