Hal yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Menyusun Strategi Konten Marketing!


Tidak bisa dihindari bahwa kebutuhan manusia mulai bergeser. Sebagian manusia mulai menganggap konten adalah kebutuhan penting yang harus mereka dapat setiap hari. Kebutuhan tersebut didasari atas kebutuhan mendapatkan hiburan, edukasi, atau jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi. Pihak penyedia konten juga memiliki tujuan khusus memberikan konten tersebut ke masyarakat, sama halnya dengan konten marketing. Berbicara mengenai marketing digital, tampaknya tidak bisa terlepas dengan konten marketing. Tujuan utama konten marketing adalah membuat engagement sehingga produk yang mereka tawarkan akan laku di pasaran.


Ada berbagai macam jenis konten marketing. Salah satu konten marketing yang bisa Anda buat untuk menarik engagement adalah konten interaktif. Konten ini bertujuan mengajak masyarakat untuk berinteraksi. Selain itu, ada berbagai tipe konten interaktif seperti kuis, kompetisi, infografis, tebak-tebakan, dan lain sebagainya. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten marketing adalah variasi dan ragam konten. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kebosanan para audience dan menarik perhatian audience baru.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda pelajari dulu sebelum memutuskan menyusun dan menciptakan sebuah konten marketing.


Memahami Dasar Komunikasi Pemasaran

Hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan membuat sebuah konten marketing adalah dasar komunikasi pemasaran yang meliputi strategi pesan, strategi kreatif, dan strategi media. Strategi pesan adalah rencana pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada audience. Strategi kreatif adalah bagaimana cara menyampaikan pesan. Untuk mencapai hal tersebut Anda harus pintar-pintar memilih cara yang tepat. Selanjutnya, strategi media adalah medium apa yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan, misal lewat video, tulisan, atau foto.


Konten Marketing akan Menarik Pelanggan yang Potensial

Konten marketing memang bertujuan untuk mengajak masyarakat terlibat dalam suatu brand, entah dengan membeli produknya atau menceritakan kepada orang lain. Konten interaktif akan sangat efektif dalam mengedukasi calon pembeli karena isinya memiliki relevansi dengan calon pembeli sehingga nantinya mendorong mereka membelinya. Selain menarik engagement, konten interaktif juga cukup efektif untuk meningkatkan konversi pada situs yang dikelola. Sebuah konten marketing dikatakan bagus jika ia berhasil mendorong urgensi pelanggan pada sebuah brand sehingga akan tercipta keputusan yang menguntungkan bisnis perusahaan.


Penting Tahu Siapa Target Market

Membuat sebuah konten marketing tentu harus memiliki wawasan mengenai buyer persona. Wawasan ini berguna untuk tahu bagaimana penggambaran suatu kelompok masyarakat yang akan menjadi pembeli produk Anda. Nah, cara mencari buyer persona bisa ditemukan dengan riset. Dengan mengetahui gambaran demografi, tingkah laku, dan kebiasaan, Anda akan tahu bagaimana cara menyusun strategi konten yang tepat. Anda akan tahu platform apa yang sering mereka pakai, jenis konten seperti apa yang mereka sukai, dan kapan waktu yang tepat untuk memberi informasi ke mereka.


Konten yang Baik Akan Mengefektifkan Pemasaran

Konten yang menarik tentu tidak akan bosan untuk diikuti. Kalau Anda jeli, konten tersebut bisa memiliki efek bola salju karena semakin banyak orang yang terlibat di dalamnya. Nantinya, semakin banyak mata yang menyaksikan, makin banyak konsumen potensial yang terjangkau tanpa harus membebani dana tambahan bagi bisnis Anda.

3 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS