top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

Inilah Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis Selamanya Vs Mesin Kasir Offline

Diperbarui: 24 Feb


Inilah Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis Selamanya Vs Mesin Kasir Offline

Demi menunjang kemudahan dalam mencatat transaksi keuangan bisnis, kini telah hadir yang namanya aplikasi kasir gratis selamanya.


Aplikasi kasir ini, umumnya memiliki fungsi yang hampir mirip seperti mesin kasir offline yakni dalam mencatat transaksi keuangan dan mengelola inventaris bisnis.


Meskipun memiliki kegunaan yang sama, baik aplikasi kasir dan mesin kasir offline memiliki beberapa perbedaan signifikan yang bisa Anda lihat pada penjelasan berikut.  


Perbedaan aplikasi kasir dan mesin kasir offline

Seperti yang sudah diulas di awal tadi, bahwa penggunaan aplikasi kasir dan mesin kasir offline umumnya digunakan pengguna dalam memudahkan pencatatan transaksi keuangan.


Akan tetapi jika dilihat secara mendalam, kedua perangkat bisnis tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.


Karena itulah, jika Anda bingung ingin menggunakan aplikasi kasir atau mesin kasir offline untuk bisnis, sebaiknya perlu mengetahui beberapa perbedaannya di bawah ini :


1. Tingkat fleksibilitas

Salah satu perbedaan dari aplikasi kasir dan mesin kasir offline, yakni dari tingkat fleksibilitas yang ditawarkan.


Pada aplikasi kasir online, umumnya hadir dalam bentuk software perangkat lunak yang sangat fleksibel dengan tambahan fitur pendukung pengelolaan bisnis lengkap di dalamnya.


Sementara untuk mesin kasir biasa, biasanya memiliki bentuk fisik besar dengan bahan yang sedikit berat untuk menampung uang tunai.


2. Kelengkapan fitur 

Perbedaan lain dari aplikasi kasir dan mesin kasir offline berikutnya, yaitu dari segi kelengkapan fitur.


Aplikasi kasir, hadir dengan menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan bisnis pengguna lantaran terbilang sebagai teknologi berbasis digital.


Jauh berbeda dengan mesin kasir biasa, yang mana fitur yang ditawarkan hanya berupa ruang untuk penyimpanan uang, menghitung transaksi penjualan dan menghitung pendapatan saja.


3. Tingkat kompatibilitas

Mengenai kompatibilitas aplikasi kasir gratis selamanya dan mesin kasir offline, umumnya berhubungan dengan koneksi pada perangkat lainnya.


Pada mesin kasir offline, biasanya tidak dapat terhubung dengan perangkat lain.


Berbanding terbalik dengan aplikasi kasir yang memungkinkan adanya koneksi dengan perangkat lain seperti halnya barcode scanner, sehingga memudahkan dalam proses perhitungan belanjaan pelanggan. 


4. Jaminan keamanan 

Terkait jaminan keamanan dari aplikasi kasir dan mesin kasir biasa juga berbeda.


Dimana disini dikatakan, bahwa penggunaan aplikasi kasir hadir dengan menawarkan sistem berbasis online yang dianggap lebih aman lantaran uang berbentuk cashless.


Adapun pada mesin kasir biasa, umumnya memiliki risiko terjadinya tindakan pencurian yang lebih besar sehingga perlu waspada dan hati – hati.


5. Harga yang ditawarkan

Adapun perbedaan lain dari aplikasi kasir dan mesin kasir biasa, bisa Anda lihat dari segi harga yang ditawarkan.


Apabila Anda pertama kali membeli mesin kasir pertama kali, maka harga yang ditawarkan lebih mahal lantaran membeli perangkat mesin kasir tersebut.


Berbeda dengan aplikasi kasir online yang menawarkan harga terjangkau, bahkan ada aplikasi yang ditawarkan secara gratis untuk pengguna.


Melihat beberapa perbedaan antara aplikasi kasir dan mesin kasir di atas, tentunya Anda bisa menentukan mana yang kira – kira cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis, bukan?


Apabila Anda ingin menggunakan aplikasi kasir gratis selamanya, maka bisa mempercayakan pada penggunaan aplikasi Nutapos yang mampu mengelola bisnis secara otomatis.


Baca Juga :




Comments


bottom of page