Langkah Membuat Video yang Menarik untuk Promosi Produk!


Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau salah satu kunci sukses bisnis Anda adalah teknik promosi yang Anda lakukan. Ada berbagai macam teknik, alat, dan media untuk promosi, salah satunya adalah dengan video. Jika Anda berencana membuat konten video sebagai alat promosi bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda tak bisa sembarangan membuat video dengan hanya mengikuti tren. Pembuatan video harus memperhatikan banyak hal agar bisa menunjang pemasaran produk. Tanpa strategi yang matang, pembuatan video akan menjadi percuma.


Melakukan Riset

Riset sangat berguna untuk memastikan video akan memiliki nilai jual dan menentukan video seperti apa yang nantinya akan disukai banyak orang. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah maksud video Anda, apakah Anda mau menyampaikan edukasi, promosi, testimoni, atau yang lainnya. Selanjutnya tentukan tindakan apa yang Anda harapkan setelah seseorang melihat video Anda.


Buatlah Storyboard

Sebelum mulai merekam video, sebaiknya Anda membuat semacam outline visual untuk video Anda atau biasa disebut dengan storyboard. Storyboard terdiri dari gambar-gambar sketsa yang menampilkan kronologi video dari awal sampai akhir. Anda juga bisa memasukkan catatan-catatan apa saja yang nantinya bakal ditambahkan dalam frame.

5 Detik Awal

Dalam aturan membuat tulisan, 5 detik awal adalah detik penentu yang akan membuat pembaca tertarik membaca. Hal ini juga berlaku dalam video marketing. Lima detik pertama adalah waktu krusial untuk menentukan efektif tidaknya dan laku tidaknya konten video Anda. Pikirkan benar-benar apa yang ingin Anda sampaikan di 5 detik awal tersebut.


Mulailah Merekam

Jika storyboard sudah ditentukan, peralatan dan sumber daya penunjang lain sudah ada, sekarang waktunya Anda merekam footage yang Anda perlukan. Bisa jadi konsep video Anda tidak memerlukan footage tetapi cukup kumpulan berbagai gambar. Ini tentu akan lebih menghemat waktu untuk pengambilan gambar.


Edit Video dengan Elemen Visual yang Menarik

Setelah hasil rekaman sudah jadi, jangan lupa untuk menggabungkan beberapa video dalam aplikasi editor. Anda bisa memilih berbagai pilihan aplikasi editor yang tersedia sesuai dengan preferensi. Lakukan riset terhadap video-video sejenis agar video Anda tidak terkesan berlebihan atau kurang menarik.


Unggah dan Praktekkan SEO!

Tentukan platform mana yang akan Anda gunakan untuk mengunggah video tersebut. Anda bisa mengunggah di halaman website sendiri, di Facebook, ataupun Youtube. Nah biar nantinya video yang susah-susah Anda buat tetap banyak yang menonton, praktikkan SEO dengan meriset kata kunci tertentu untuk memudahkan orang lain menemukan video buatan Anda.


Analisa Hasilnya!

Nah, selanjutnya Anda bisa menganalisa hasil performa video buatan Anda dengan mengumpulkan data yang Anda temukan sendiri. Cari tahu durasi setiap kali ditonton, data penonton, dan indikator lain yang bisa Anda tentukan sendiri.

Begitulah langkah-langkah membuat video marketing yang efektif dan menunjang pemasaran. Tentunya dengan perencanaan, pembuatan, penyebaran, serta evaluasi, pemasaran Anda akan menemukan formula yang pas. Selamat mencoba!

0 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS