top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

Langkah Memulai Bisnis Kuliner dari Nol Harus Diperhatikan

Langkah Memulai Bisnis Kuliner dari Nol Harus Diperhatikan

Untuk memulai bisnis kuliner dari nol mungkin sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang.


Khususnya jika kamu masih mahasiswa dan ingin menambah uang jajan tanpa perlu meminta bantuan orang tua.


Daftar Isi :


Kuliner sendiri dipilih karena konsepnya lebih sederhana dan kemungkinan untungnya sangat besar.


Oleh sebab itu banyak sekali mahasiswa bekerja sama dengan temennya untuk membuat usaha kulinernya sendiri.


Mulai dari kecil-kecilan seperti sistem pre order hingga membuat kafe sekaligus.


Hal ini tentunya membutuhkan waktu dan effort yang sangat tinggi sehingga banyak orang bertanya mengenai langkahnya.


Untuk memulai sebuah usaha sendiri sebenarnya cukup mudah jika kamu rencanakan terlebih dahulu, terlebih jika memutuskan untuk menggunakan bantuan dari aplikasi kasir online.


Menggunakan aplikasi kasir yang didesain khusus untuk dunia kuliner sehingga akan mempermudah bisnis menjadi lebih efisien.


Banyak orang berkata jika ingin mulai berbisnis hanya tinggal lakukan saja tanpa perlu memikirkan hal lain.


Namun hal tersebut mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang lain karena banyak diantaranya tidak paham harus memulai dari mana serta apa saja yang harus dilakukan sehingga bisa mulai berbisnis.


Terlebih bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin mengetahui mengenai langkah mudah memulai bisnis kuliner dari nol, mungkin akan sangat cocok dengan beberapa rekomendasi langkahnya.


Karena hampir sebagian besar mahasiswa memiliki modal terbatas sehingga harus mendirikan usaha dari nol.


Walau begitu untuk mendirikan usaha dari nol memang diperlukan effort sangat besar hal ini membuatnya tidak bisa jadi dalam semalam.


Walau begitu kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa mempelajari mengenai langkah-langkahnya terlebih dahulu untuk bisa memulai memiliki bisnis kuliner sendiri.


1. Pikirkan Konsepnya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang menjadi faktor kegagalan terbesar bagi mahasiswa ketika ingin memulai berbisnis adalah asal membuat usaha saja tanpa memikirkan konsepnya.


Akibatnya ketika berjalan tidak mengerti usaha harus dibawa kemana karena jika ingin memulai bisnis kuliner dari nol harus mengetahui konsepnya terlebih dahulu.


Jika masih bingung mulailah memikirkan konsep dari paling mudah seperti ingin mencoba membuat usaha berjualan makanan atau minuman apa, seperti brownies lumer, pisang coklat, atau makanan berat seperti ramen pedas, mie chili oil, dan rekomendasi kuliner lain.

Baca juga :

2. Lakukan Food Testing dan Riset Pasarnya

Alasan food testing sangat penting ketika ingin memulai bisnis kuliner dari nol adalah akan membuatmu bisa mengetahui selera konsumen.


Semakin banyak orang yang mencoba menu milikmu, kamu akan bisa mengetahui reaksi dan komentar dari banyak orang mengenai hal yang perlu diimprove.


Ketika melakukan food testing mungkin akan sering mendapatkan komentar serta kritikan namun kamu tidak boleh baper.


Komentar dan kritikan ini sangat membangun karena dengan adanya hal tersebut bisa membantumu untuk mengetahui bagaimana selera masyarakat terkait menu tersebut.


3. Lakukan Proses Pengembangan

Setelah melakukan proses food testing dan menemukan selera makanan paling disukai oleh masyarakat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengembangan untuk memulai bisnis kuliner dari nol.


Bisa dengan melihat bagaimana lokasinya, apakah ingin membuat berkonsep online order atau bisa makan ditempat dan lain sebagainya.


Namun walau ingin membuat berkonsep online maupun offline tetap tidak boleh melupakan kasir, atau proses pencatatan pemasukan pendapatan harian.



Setelah melakukan beberapa tahapan tersebut jangan lupa untuk mengintegrasikan kasir dengan aplikasi kasir Nutapos, karena dengan bantuannya akan mempermudah penghitungan pendapatan harian.


Oleh sebab itu banyak orang memperhitungkan penggunaan Nutapos ketika ingin memulai bisnis kuliner dari nol.

Baca juga :

Langkah Memulai Bisnis Kuliner dari Nol Harus Diperhatikan

Comentários


bottom of page