top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

Mengenal Jenis – jenis Mesin Komputer Kasir untuk Bisnis

Mengenal Jenis – jenis Mesin Komputer Kasir untuk Bisnis

Daftar Isi :


Dikarenakan memiliki peranan penting dalam mendukung kegiatan jual beli dan transaksi keuangan, maka penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pemilihan perangkat mesin kasir untuk bisnis.


Di pasaran sendiri, umumnya ada banyak sekali pilihan mesin kasir yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, salah satunya yakni ada mesin komputer kasir.


Namun jika Anda masih penasaran apa saja jenis – jenis mesin kasir untuk bisnis, bisa menyimak ulasannya di bawah ini. 


Apa saja jenis – jenis mesin kasir untuk bisnis?

Sebagai seorang pebisnis, penting untuk mempersiapkan beberapa hal penting dalam mendukung perkembangan bisnis di pasaran.


Selain modal usaha dan produk yang ditawarkan, pebisnis juga penting dalam mempersiapkan mesin kasir.


Apabila Anda sedang mencari jenis mesin kasir yang cocok untuk bisnis yang dijalankan, maka bisa mengetahui jenis – jenis mesin kasir berikut.  


1. Mesin kasir komputer

Pertama, ada jenis mesin kasir komputer yang hadir dengan memanfaatkan perangkat komputer sebagai platform pendukung utamanya.


Mesin komputer kasir satu ini, biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa perangkat keras lain seperti monitor sentuh, alat pemindai barcode dan pencetak struk khusus pembelian.


Adapun untuk perangkat lunak kasir yang digunakan, nantinya akan diinstal di perangkat komputer untuk memudahkan dalam pengelolaan transaksi, inventaris dan laporan bisnis.


2. Mesin kasir elektronik

Berikutnya, ada mesin kasir elektronik yang didesain sedemikian rupa untuk menunjang fungsi kasir itu sendiri.


Perangkat kasir ini, biasanya sudah disertai dengan adanya fitur keypad / layar sentuh untuk memudahkan dalam menginput informasi produk dan menghitung total belanjaan pelanggan.


Bisa dikatakan, mesin kasir elektronik lebih sederhana dibandingkan mesin kasir komputer.


Meski demikian, penggunaan kedua perangkat tersebut sama – sama efektif untuk bisnis kecil maupun di tempat dengan transaksi kecil.


3. Mesin kasir aplikasi

Khusus untuk aplikasi kasir gratis satu ini, umumnya merupakan mesin kasir yang dirancang dengan memanfaatkan software perangkat lunak kasir khusus.


Keunggulan dari mesin kasir aplikasi ini yakni menawarkan tampilan yang user friendly, mudah dan praktis dalam pengoperasian, jaminan keamanan data tinggi dan masih banyak lagi.


Biasanya, penggunaan mesin kasir aplikasi sering digunakan dalam bisnis kecil maupun tempat dengan mobilitas tinggi seperti café dan lain – lain.


4. Mesin kasir cloud

Terakhir, ada mesin kasir cloud yang umumnya memanfaatkan sistem penyimpanan dan pengelolaan data berbasis cloud.


Nantinya, semua informasi transaksi keuangan dan inventaris akan disimpan secara online dan memungkinkan pengguna dalam mengakses dan mensinkronisasi data dari berbagai perangkat.


Umumnya, mesin kasir cloud sering digunakan di bisnis yang memang memiliki beberapa lokasi atau mengakses data bisnis secara real time dari mana saja.


Dari beberapa jenis mesin kasir, termasuk komputer kasir tersebut, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan mesin kasir sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis.


Apabila Anda ingin menggunakan mesin kasir online, maka bisa menggunakan aplikasi mesin kasir terbaik dari Nutapos


Baca Juga :


Mengenal Jenis – jenis Mesin Komputer Kasir untuk Bisnis

Comments


bottom of page