Tentukan Strategi dengan Mengamati 4 Perilaku Konsumen di Sosial Media Berikut!

sumber : energepic


Memahami perilaku para konsumen di era digital memang menjadi keharusan bagi seluruh pelaku usaha. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, siap-siap saja gulung tikar dan kehilangan pelanggan. Apalagi jika kompetitor Anda sudah menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Dengan banyaknya pemain bisnis, semua pemain akan terus berupaya memenuhi permintaan konsumen yang dinamis.

Hasil riset Facebook menunjukkan bahwa platform media sosial menjadi salah satu panduan para pecinta kuliner dalam menemukan menu makanan yang cocok. Survei ini dilakukan kepada beberapa konsumen di usia 18-34 tahun. Sekitar 98% dari sekitar 1700 responden mengaku menemukan referensi makanan lewat media sosial.

Riset yang dilakukan Facebook ini menyarankan pelaku usaha melakukan 3 hal, yaitu memahami perbedaan kebutuhan pelanggan, menciptakan konten yang mempengaruhi keputusan mereka, melakukan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial.

Sebenarnya, apa saja sih yang mempengaruhi pengambilan keputusan para konsumen di era digital seperti sekarang?


Review Internet

Internet adalah jawaban dari semua pertanyaan konsumen. Oleh karena itu, sosial media harus dimanfaatkan secara maksimal oleh Anda yang ingin memulai bisnis makanan.. Sebagian masyarakat akan mencari tahu kualitas produk yang dibutuhkan dari review atau ulasan yang ada di internet. Mereka memanfaatkan halaman pencarian Google atau media sosial untuk melihat kolom testimoninya. Pastikan Anda selalu memberikan produk paling unggul agar ulasan yang didapat selalu baik.


Mengutamakan Kemudahan Pemesanan dan Transaksi

Saat ini, harga murah justru tidak terlalu jadi daya tarik bagi pelanggan. Sebagian besar justru menyukai produk dengan kualitas baik dan kemudahan pemesanan meskipun harganya mahal. Sekitar 68% responden riset yang dilakukan Facebook menganggap waktu lebih baik daripada uang. Ini mengindikasikan bahwa mereka menginginkan kemudahan dalam pemesanan dan transaksi pembelian makanan. Oleh sebab itu, pembelian dengan layanan ojek daring terus mengalami peningkatan.


Menyukai Banyak Opsi

Masing-masing konsumen tentu memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda terhadap suatu produk kuliner. Inilah yang membuat produk yang mempunyai lebih banyak variasi pilihan adalah produk yang banyak dicari. Melalui berbagai opsi yang ditawarkan, Anda akan memberikan kepuasan tersendiri dan nantinya akan berdampak pada loyalitas mereka. Misal ketika bisnis Anda menawarkan cake dengan berbagai macam varian topping tentu akan lebih dipilih daripada produk yang tidak memiliki banyak varian.


Mengkonsumsi Sesuatu yang sedang Trending

Satu lagi perilaku konsumen di era digital adalah mereka menyukai sesuatu yang sedang menjadi perbincangan banyak orang. Nah, perilaku ini bisa Anda manfaatkan untuk menemukan ide promosi yang tepat. Jika target pasar Anda adalah generasi milenial, Anda akan lebih mudah menciptakan inovasi. Apabila ide Anda berhasil, dalam waktu singkat, produk usaha Anda akan diburu pelanggan yang ingin terlihat up-to-date.

Pada dasarnya, perilaku konsumen adalah proses ketika seseorang melakukan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pengevaluasian produk demi memenuhi keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari konsumen dalam memilih suatu produk. Dengan mengetahui perilaku konsumen yang menjadi target market, Anda akan lebih mudah menentukan strategi bisnis Anda.

1 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS