Terbukti!! Cara Jitu Agar Toko Ramai Pembeli, From Zero To Hero!

Diperbarui: 27 Mei 2019


Cara Jitu Agar Toko Ramai Pembeli, From Zero To Hero!

Memiliki usaha dan toko sendiri di era millenial sekarang bukanlah sesuatu yang aneh. Bahkan banyak anak-anak muda yang sekarang sudah berani merintis usaha jenis ini. Memang usaha buka Toko ini terbilang menantang berbeda dengan indrusti makanan atau kuliner, yang dimana sudah jadi kebutuhan primer kita butuh makan setiap harinya. Kalau usaha toko tergantung dengan barang yang akan dijual. Apabila anda tetap menargetkan kebutuhan primer seperti menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari pasti mudah, seperti baju, kebutuhan mandi, sembako dsb. Dengan menjual produk-produk semacam itu akan lebih ramai pengunjung serta akan terus berkesinambungan untuk mendapatkan repeat ordernya. Sekarang kita tahu toko ada 2 jenis, yakni toko online dan konvensional, anggaplah toko online sudah pasti cara pendekatan ke konsumennya berbeda dengan toko konvesional. Tapi bukan berarti toko konvesional akan mati kutu di era digital sekarang, oleh karena itu akan saya bahas bagaimana cara jitu agar toko ramai pembeli;


1. Pelanggan Adalah Raja/Ratu

Pertama, akan saya bahas mengenai poin diatas, saya yakin semua orang sudah familiar dengan menjadikan pelanggan mereka sebagai seorang raja/ratu. Toko konvesional apalagi, yang melayani penjualan sekali beli tanpa ada layanan aftersales. Kita harus membudidayakan para pelanggan kita, benar-benar memperhatikan mereka, jangan luput satu orang pun kalau bisa. Mungkin ada yang sudah kta perlakukan baik dengan cara menanyakan kebutuhannya apa, lalu membantu mencarikan produk mereka, ramah tamah, selalu senyum, eh ternyata tidak jadi beli. Harus tetap ramah dan tersenyum, mungkin pelanggan kita masih liat-liat lalu minggu depan atau bulan depan baru beli. Ibarat pepatah, barangsiapa yang menabur padi nanti akan memanen padi, barangsiapa yang menabur racun pasti memanen biji racun dan keracunan, kan gak mungkin juga kita menabur padi trus panen nya nanas toh hehe


2. Hias Toko Semenarik Mungkin

Poin kedua adalah penampilan. Sama seperti manusia pada umumnya, kalau kita liat cewek cantik pasti adem ayem tergoda terpesona dan dideketin, dilamar, lalu dibeli (nikah). Kita membangun sebuah toko pun juga sama. Kalau toko kita kotor, bau, berantakan produknya/pegawainya dilihat dari luar, jangankan masuk ke toko, orang lewat depan toko kita juga sudah keburu eneg. Oleh karena itu hiaslah semenarik mungkin toko kita, sehingga nanti akan mengundang pembeli, mungkin awalnya mereka akan tertarik, tergoda mau masuk toko lihat-lihat barang dagangan kita. Kalau sudah sreg atau cocok pasti akan beli mereka. Dijamin!. Hal ini sangat penting karena nanti juga akan membuat branding untuk toko kita atau membuat toko kita terkenal, kalau sudah terkenal otomatis toko ramai pengunjung.


3. Terapkan Sistem Jual Silang Atau Bundle Paket

Ini sama halnya dengan diskon, tetapi sistemnya paket atau bundle. semisal kita punya barang A, harga Rp 5000, barang B harga Rp 5000, barang C harga Rp 5000, total semua kita jual harganya Rp 15.000 kan. Nah buat sistem bundle/paket kalau pembeli beli 1 paket berisikan barang A,B,C maka harganya tidak Rp 15000 tapi dapat diskon cuma kena Rp 13.000 atau 13.500. Jadi nantinya pembeli akan berpikir ulang daripada mereka beli barang A saja, B saja, atau C saja, mending beli sepaket saja paket ABC misalnya cuma kena Rp 13.500 harganya, lebih untung.


4. Adakan acara open house dengan Promo Besar

Poin selanjutnya adalah buatlah event acara atau promosi besar-besaran. Kalau semisal anda baru buka toko, maka buatlah acara Open House, sudah banyak pebisnis atau para pengusaha menerapkan hal ini untuk berbagai usaha UKM mereka untuk branding dan mengenalkan toko maupun barang di acara open house tersebut, kebanyakan sukses besar. Namun, semisal anda tidak punya anggaran untuk mengadakan Open House nya, maka jangan kuatir, anda bisa mengadakan acara kecil-kecil-an dengan tema yang sama. Yang penting tujuannya adalah branding atau pengenalan toko.


5. Pemasaran Online

Nah Ini yang merupakan cara paling jitu untuk branding toko anda. Ya walaupun anda tokonya konvesional bukanlah tidak mungkin kalau anda go online. Untuk toko konvensional ada 2 macam pemasaran online nya;


a. Pertama, adalah pemasaran untuk branding toko anda. Pemasaran jenis ini adalah basic untuk setiap toko baru. kenapa? karena mau mereka tokonya online atau konvesional harus ada nama dulu bisatr masyarakat aware atau kenal dengan toko kita. Platform yang cocok untuk mengaplikasikan pemasaran jenis ini adalah memakai FB Ads. Karena di FB Ads ada fitur meng-iklankan toko ke daerah sekitar kita. Ya kan siapa tahu kita dapat pelanggan yang dari orang-orang disekitar toko baru kita, dari yang awalnya mereka tidak tahu jadi tahu. Karena kebanyakan pelanggan lebih prefer atau cenderung percaya dengan toko yang dekat dengan timpat tinggalnya. Di samping biaya akomodasinya lebih hemat, juga kalau ada apa-apa bisa langsung ke toko tersebut. Potensi untuk repeat order juga lebih besar.


b. Kedua, adalah pemasaran produk atau barang kita secara online. Biasanya toko online yang memasarkan produk mereka dengan sistem jenis ini. Tetapi, beberapa toko konvensional juga ada yang melakukan hal yang serupa asalkan diperhitungkan untuk proses pengiriman barangnya nanti. Kita tahu untuk beberapa produk semisal consumer goods (makanan/minuman) ada beberapa barang yang tidak bisa dijual secara online, dikarenakan nanti saat pengiriman barang sudah tidak layak pakai/ konsumsi atau kadaluwarsa.


6. Atur Produk Toko

Poin ini juga termasuk penting. Ada beberapa faktor disamping para pelanggan mau datang dan beli barang/produk di toko ita karena tertarik dengan tampilan toko. Ada juga pelanggan yang tipenya objektif, jadi dia mau datang dan beli ke toko kita karena ada kebutuhan barang/produk yang dimana cuma toko kita yang punya. Nah disini peran manager gudang dan bagian pemasaran harus selalu peka dengan trend saat ini serta keinginan setiap pelanggan baru yang datang ke toko kita. Sehingga dengan hal ini bisa disimpulkan semakin lengkap toko tersebut maka semakin menambah nilai plus di mata pembeli. Karena gak mungkin kan orang mau beli cuma dikarenakan iseng-iseng atau buang-buang duit, pasti karena merek butuh dengan barang/produk tersebut. Jangan lupa tata dan kelompokkan barang-barang di toko kita sebaik mungkin sehingga bisa dijangkau oleh para pembeli.



7. Buat Kotak Kritik dan Saran

Selanjutnya, ini adalah hal yang kecil tapi efeknya besar untuk toko anda dikemudian hari. Yaitu buat kotak kritik dan saran di toko anda. Setiap hal tidak ada yang sempurna, begitupun juga toko kita, jangan toko, mall-mall di kota besar pun semuanya pasti ada kekurangannya, entah pelayanannya buruk lah, lantainya kotor lah, atau barangnya kurang lengkap lah. Nah, fungsi untuk kotak kritik dan saran tadi adalah supaya pelanggan atau pembeli yang datang ke toko kita bisa bebas mengemukakan pendapat mereka tentang toko kita, jadi semisal ada kritik dan saran bisa dengan mudah mereka sampaikan. Dan efeknya bagi toko kita adalah tidak lain untuk bahan evaluasi toko, sehingga toko yang kita jalankan kedepannya akan semakin lebih baik dan lebih maju lagi (Toko Ramai).


8. Terus Berdoa

Poin terakhir, tentu saja jangan lupa iringi dengan doa, ketujuh poin diatas kita anggap adalah usaha kita, maka imbangilah dengan doa. Seperti kata pepatah, Just Try The Best, and Let The God To Take The Rest; berusahalah semaksimal dan sebaik mungkin, barulah terakhir banyak-banyaklah berdoalah dan biarkan Tuhan Yang Maha Esa mengurus sisanya. Karena usaha tanpa doa sama dengan sombong, sedangkan doa tanpa berusaha sama halnya dengan bohong atau sia-sia belaka. Saya yakin anda sekalian pasti sudah expert dengan poin terakhir ini.

Kalau anda sudah melakukan poin-poin diatas, dapat dipastikan jumlah pengunjung dan pelanggan baru yang datang ke toko anda akan semakin ramai. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, begitupun sebaliknya.


Kasir Toko Anda Pencatatannya Amburandul?, Masih pakai Pencatatan Manual Sampai Lembur tiap malam? atau Stock Barang Anda tak Pernah Sinkron pada saat Opname?

Pakai NutaPOS sekarang Juga


Aplikasi Point of Sales Terbaik untuk Kasir anda, menjadikan penjualan jadi semakin untung dan Stock anda lebih Teratur. Nutapos Aplikasi Kasir paling Handal di Kelasnya. Bisnis Jadi Lebih Praktis, Aman, dan Nyaman. Pelanggan pun berdatangan ^_^


Mau Bonus Exclusive 30 Hari dari Nuta?

Ambil Bonusnya Klik Disini


PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS