Tips dan Trik Mencari Aplikasi Kasir yang Tepat untuk Bisnis Anda
top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

Tips dan Trik Mencari Aplikasi Kasir yang Tepat untuk Bisnis Anda

Diperbarui: 27 Mei 2019



Di zaman sekarang, tak perlu diragukan lagi betapa penting aplikasi kasir untuk sebuah bisnis. Melalui perkembangan teknologi ini, pencatatan transaksi pembayaran hingga laporan penjualan harian dan manajemen stok dapat dipantau secara real time sehingga meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Pihak penyedia aplikasi kasir pun semakin banyak dengan program dan layanan yang bervariasi. Namun, dalam hal variasi, opsi ini membuat anda lebih selektif dalam memilih rekanan yang tepat. Anda tentu tak ingin bukan, mengeluarkan sejumlah dana hanya dapat memberikan benefit dalam waktu singkat?.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih aplikasi kasir yang tepat guna menunjang bisnis,


1. Kelengkapan Menu dan Fitur


Meski sepintas terlihat sama, setiap bisnis pada kenyataannya mempunyai karakter dan kebutuhan yang berbeda satu sama lain meski tak selalu bersikap mayor. Dua hal ini yang kemudian menjadi dasar kebutuhan menu dan fitur yang harus di akomodasi dalam sebuah aplikasi kasir. Selain melihat kondisi di masa kini, pertimbangkan juga kemungkinan kebutuhan yang akan terjadi di masa mendatang. Bila anda masih relatif baru dalam menggunakan jasa ini, cobalah terbuka dengan opsi yang ditawarkan, siapa tahu mungkin sedikit lebih modern dibandingkan kebutuhan saat ini.


2. Kemudahaan Penggunaan


Setiap aplikasi dibuat untuk mempermudah pengguna ataupun penggunaannya. Maka dari itu, pilihlah program kasir yang cukup user friendly bagi Anda, sehingga dapat benar-benar mencapai tujuan efisiensi yang anda impikan. User experience ini juga sebenarnya tidak hanya terbatas dari sisi desain program dan tampilan saja, tetapi kemudahan juga, yang semestinya mencakup integrasinya dengan beberapa kebutuhan lainnya.


3. Investasi Perangkat yang Dibutuhkan


Beberapa penyedia produk biasanya menawarkan hanya berupa aplikasi, sementara beberapa lainnya juga menawarkan hingga perangkat keras seperti PC, tablet, hingga mesin printer. Tanyakan dengan detail apa saja yang akan Anda peroleh sehingga tidak menimbulkan pembengkakan dana tambahan untuk biaya perangkat lainnya. Selain itu, perhatikan juga untuk kebutuhan koneksi jaringan. Di zaman sekarang, aplikasi kasir umumnya telah berbasis online sehingga lebih memudahkan pencatatan secara real time. Kebutuhan ini juga akan menjadi investasi lain yang perlu Anda perhatikan sejak awal, apakah menggunakan internet atau intranet, besarnya bandwith yang dibutuhkan, dan lain sebagainya, memang terdengar agak ribet, tapi masih worthy untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.


4. Testimoni Klien


Daripada mengambil resiko yang tidak diinginkan, seperti masa pakai aplikasi yang ternyata sangat terbatas, keterbatasan fitur yang tidak dapat dimodifikasi, keamanan data, hingga garansi after sales atau maintenance yang tidak jelas. Maka, Pilihlah penyedia aplikasi kasir yang memang memiliki kredibilitas dan terpercaya.

Caranya adalah dengan mencari tahu testimoni klien yang telah menggunakan aplikasi tersebut. Carilah pihak pengembang yang memang memiliki pengalaman cukup panjang dan baik dalam urusan aplikasi kasir, serta didukung oleh SDM yang profesional. Mereka tentu memahami bagaimana perkembangan aplikasinya dan mudah menyesuaikannya dengan kebutuhannya terkini.


5. Harga yang Ditawarkan.


Terakhir, Anda juga tentu perlu mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh setiap penyedia aplikasinya. Untuk pilihan terbaik, pastikan Anda memperbanyak referensi sehingga tidak akan ada sesal di belakang.


Namun yang perlu diingat, pastikan bahwa setiap komparasi yang dilakukan memang apple to apple. Pasalnya, setiap aplikasi mempunyai fitur, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Anda perlu melakukan penilaian yang objektif dengan betul-betul mempertimbangkan secara komprehensif setiap aplikasi yang ditawarkan.


Nutapos merupakan produk aplikasi canggih dengan harga yang terjangkau untuk mendukung pertumbuhan UKM Indonesia. Dengan dukungan tenaga profesional yang terbaik, kami telah membantu banyak bisnis di Indonesia dalam menjalankan usahanya lebih optimal melalui aplikasi kasir android yang canggih, mudah, dan handal di kelasnya.


Info layanan dan sistematis berlangganan bisa hubungi kami langsung Klik Disini pada jam operasional kerja Pukul: 08:00 WIB sd 16:00 WIB (Hari Aktif: Senin s/d Sabtu)

bottom of page