Tips Pemasaran Online Via Media Sosial


Tips Pemasaran Online Via Media Sosial

Mau tidak mau, melakukan pendekatan bisnis melalui media sosial di masa kini merupakan cara yang optimal untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan. Pasalnya, budaya masyarakat sebagai pasar dalam menggunakan aplikasi teknologi digital yang satu ini sangat masif. Dengan begitu, mau tidak mau, sebagai pelaku usaha Anda pun harus menyesuaikan dengan situasi tersebut.

Cara yang perlu dilakukan untuk melakukan pemasaran online via media sosial sebetulnya tidak terlalu susah. Hanya saja, cara-cara ini membutuhkan kreativitas dan konsistensi yang tinggi untuk mencapai hasil optimal.

Nah, bila anda juga pelaku bisnis yang sedang mempersiapkan trik promosi penjualan secara online, buatlah rencana yang matang. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut,


1. Membangun Brand Awareness


Untuk menjadi pilihan top of mind, Anda tidak dapat melakukannya dengan sekejap mata. Di antara sekian banyaknya cara yang perlu dilakukan, cara yang dapat anda terapkan saat ini adala dengan membangun brand awareness.

Buatlah representasi bisnis anda yang menarik dan mudah diingat. Brand awareness ini dapat diwujudkan dalam bentuk logo, tagline, atau iklan pendek yang atraktif. Semakin unik tetapi simple representasi yang Anda buat, semakin mudah orang akan mengingat produk maupun jasa yang Anda tawarkan.


2. Membangun Pondasi Media Sosial yang Kuat


Pilih jenis media sosial yang anda gunakan sebagai platform untuk melakukan promosi penjualan. Sebagai tahap awal, sebaiknya anda memilih satu atau dua saja dari sekian banyak pilihan yang ada.

Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat anda lebih fokus dalam mengelolanya. Pasalnya, setiap media sosial mempunyai karakter masing-masing yang berdampak pada cara mengelolanya. Lakukan eksplorasi maksimal terhadap media sosial yang digunakan untuk mencapai target secara efektif.


3. Membuat Konten yang Mempunyai Nilai


Membuat konten boleh jadi hal yang cukup melelahkan, dan menyita waktu serta tenaga, terutama bila dilakukan seorang diri. Namun, konten yang dikemas dengan tepat akan meningkatkan traffic yang berdampak pada meningkatnya potensi penjualan.

Walau begitu, jangan sampai anda justru hanya terpaku dalam jumlah konten yang dihasilkan. Disamping kuantitas, kualitas konten sesungguhnya mempunyai dampak yang lebih signifikan. Buatlah konten yang mempunyai nilai tersendiri, artinya dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekaligus calon pembeli. Informasi yang seperti ini akan menarik emosi dan attention mereka terhadap keberadaan bisnis anda.


4. Bergabung Dengan Marketplace


Keberadaan marketplace sangat membantu para pelaku usaha untuk berkembang. Bahkan tak hanya pemula, pelaku usaha skala besar juga terbantu dengan adanya kehadiran lapak penjualan modern yang satu ini.

Hal ini dikarenakan marketplace biasanyaa telah memempunyai dasbor tersendiri yang memudahkan anda untuk melakukan promosi dan penjualan. Di samping itu, tentu saja, setiap marketplace juga telah menyediakan orang-orang yang siap untuk melakukan pembelian atas produk yang anda tawarkan, sehingga dapat mengurangi sedikit usaha untuk melakukan pencarian pasar.


5. Memberikan Respon dengan Cepat dan Komunikatif


Salah satu hal yang meningkatkan tren berbelanja online adalah effisien waktu yang diharapkan oleh pelanggan. Melalui metode ini, mereka berharap untuk mendapat informasi maupun kepastian dengan lebih cepat dibandingkan harus menggunakan cara konvensional seperti datang langsung ke toko atau menghubungi call center.

Untuk itu, pastikan anda juga sudah siap untuk memberikan pelayanan fast response. Jangan sampai hanya karena Anda mengabaikan hal yang satu ini, kesempatan untuk mengembangkan usaha atau bisnis jadi tersendat apalagi terhambat.


Demikianlah lima tips pemasaran online menggunakan media sosial untuk menunjang bisnis. Semoga bermanfaat.

5 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS