Tren Teknologi Restoran yang Harus Diperhatikan Pada Tahun 2024
top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

Tren Teknologi Restoran yang Harus Diperhatikan Pada Tahun 2024

Tren Teknologi Restoran yang Harus Diperhatikan Pada Tahun 2024

Dari kebiasaan pascapandemi, bisnis kuliner kini memiliki suatu tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024 dimana telah terjadi penggabungan “makan di luar” dan “memesan di tempat” secara digital.


Daftar Isi :


Selama beberapa tahun sebelumnya, hal ini merupakan evolusi logis dalam perilaku konsumen.


Dan restoran kini akan terus memprioritaskan peningkatan platform digital, dengan meningkatkan layanan melalui aplikasi.


Tren Teknologi Restoran yang Harus Diperhatikan Pada Tahun 2024

Sebagian besar tren ini akan terus berkembang dalam bisnis restoran global tahun ini, dan beberapa di antaranya masih memberikan banyak peluang.


Berikut tren unggulan bisnis restoran tahun 2024 :


1. Pembayaran Tanpa Kontak

Dalam bisnis restoran, pembayaran tanpa kontak atau nirsentuh semakin populer.


Selain memungkinkan pemesanan online, teknologi ini memungkinkan pelanggan membayar makanan menggunakan kartu pintar, jam tangan pintar, atau ponsel pintar.


Selain cepat dan nyaman bagi konsumen, tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024 juga higienis dan aman karena menghilangkan kebutuhan interaksi manusia ketika tidak ada uang yang terlibat.


Sangat penting bagi restoran untuk berinvestasi pada solusi pembayaran seluler dan digital, jika usahanya ingin tetap menjadi yang terdepan.


2. Kios Mandiri

Kios pesan mandiri bukanlah hal baru bagi kebanyakan orang khususnya di industri makanan cepat saji, namun pada tahun 2024 kios pesanan mandiri menjadi semakin umum karena berbagai alasan.


Saat melakukan pemesanan pada tampilan digital yang mudah digunakan, pelanggan merasa lebih nyaman dan menenangkan dibandingkan melakukan pemesanan melalui agen langsung.


Selain itu dengan adanya tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024, pelanggan memiliki kebebasan untuk mengevaluasi dan menyesuaikan pesanan mereka, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan seperti lupa menambahkan saus.

Baca Juga :

3. Solusi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Kekurangan Staf

Meskipun teknologi ini dimulai dengan aplikasi yang kurang canggih dan sistem suara yang lebih otomatis menggunakan “robot masa depan”, AI telah digunakan dalam bisnis restoran selama sekitar sepuluh tahun terakhir.


Namun dengan pendekatan baru terhadap permasalahan restoran, AI telah kembali menduduki peringkat teratas dalam daftar tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024 di seluruh dunia sejak tahun 2020.


Yang paling menonjol, kecerdasan buatan ini telah dibahas sebagai solusi potensial untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di bisnis restoran.


4. Kode QR (Quick Response Code)

Menu restoran secara bertahap digantikan oleh pemindaian kode batang otomatis, yang memungkinkan konsumen melihat menu, memesan, dan membayar hanya dengan memindai dengan ponsel secara cepat.

Baca Juga :

5. Perangkat Lunak untuk Manajemen Inventaris Otomatis

Restoran dapat mengatur pemesanan ulang dengan lebih baik dan cepat, mengantisipasi jumlah, dan melacak persediaan makanan dan minuman mereka dengan menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris otomatis.


Terlebih lagi, dengan mengintegrasikan perangkat lunak ini ke dalam alur kerja restoran, pihaknya dapat mengurangi limbah makanan yang merugikan sektor perhotelan per tahun selain biaya lingkungan.


Jadi sangat menguntungkan bagi restoran jika memperhatikan kelima tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024 di atas, terlebih memiliki software khusunya aplikasi kasir.


Adapun penggunaannya menguntungkan karena memungkinkan pelanggan memesan makanan dan minuman tanpa harus mengantri, dan membayar dengan cepat karena semuanya dilakukan secara digital.


Di antara aplikasi kasir terbaik, Nutapos adalah pilihan populer di kalangan restoran.


Nutapos menawarkan sejumlah layanan yang memfasilitasi layanan pelanggan, proses pembayaran, dan manajemen bisnis jarak jauh.


Sehingga aplikasi kasir digital seperti Nutapos kini banyak digunakan oleh banyak perusahaan baik besar maupun kecil.


Karena juga menampilkan tampilan yang selaras dengan tren teknologi restoran yang harus diperhatikan pada tahun 2024.

Baca Juga :

Tren Teknologi Restoran yang Harus Diperhatikan Pada Tahun 2024

bottom of page