Belajar dari kegagalan




Membangun sebuah bisnis kuliner adalah sebuah pengalaman tersendiri bagi kami. 2 tahun yang lalu kami ingat saat memulai bisnis pisang goreng. Hanya berbekal ilmu jualan dan langsung terjun saja.


Bagus sih langsung action, gak perlu pikir panjang dan rentetan babibu.


Jualan di garasi rumah, dengan modal patungan 4 orang, bikin promo buy 1 get 1, dan boom mendatangkan masa. Pisang goreng habis.


Apakah untung ?


Untung tipis.


Singkat cerita akhirnya kami memberanikan diri untuk sewa toko di dekat rumah. Bayar 1 karyawan. Ternyata hasilnya tidak sesuai harapan. Bisnis hanya bertahan 3 bulan. Lalu kami tutup.


Pelajaran yang kami dapat :


1. Bahan baku ternyata menjadi tantangan juga, karena kadang sulit cari kualitas bahan baku yang konsisten dan harga yang stabil. Supplier nya kadang kasih harga miring kadang kasih harga normal. Pilihan supplier terbatas.


2. Harga produk yang bisa terbilang relatif mahal. Kami membuka outlet di daerah kampung yang daya beli nya kurang.


3. Para pendiri tidak fokus. Para pendiri sibuk kerja di perusahaan lain. Membuka usaha harus fokus ya.


Diawal buka usaha yang harus dijaga adalah cashflow, caranya adalah mendapatkan omset yang stabil. Omset itu harus bisa menutup biaya operasional setiap harinya.


Ingat ya OMSET.





Caranya agar punya omset maka kalian harus belajar ilmu jualan.


Pastikan juga produknya enak dan nagih.


Jual dengan harga yang bagus. Sesuai market kalian


Kumpulkan supplier lebih dari satu. Semakin banyak semakin bagus, bangun kedekatan dengan mereka.


Memang banyak yang harus dipikirkan ketika membuka usaha, omset, produk, strategi jualan, karyawan, supplier, bahan baku, pencatatan keuangan. Berat tapi jangan menyerah ya.


Mencatat transaksi di kasir juga menjadi hal yang harus dipikirkan. Kalau gak dicatat jadi percuma perjuangan kalian mendatangkan omset. Bocor terus.


Jualan itu ibarat menimbah air dari sumur. Berat dan berkeringat.


Lalu kalian menuangnya pada ember yang bocor. Gak penuh-penuh jadinya. Profit juga jad bocor. Bisnis gak besar-besar. Yang ada hanya capek dan hanya terkesan bekerja keras aja. Hasilnya gak ada.


Diawal buka usaha kalian bisa pakai pencatatan manual dulu yaitu nota kertas.


Atau kalau mau lebih ekstrem kalian catat saja uang modal awal dan omset hari itu di buku kecil kalian. Simple, kalian cukup catat mengeluarkan biaya berapa lalu catat juga omset hari itu berapa. Langsung dikurangi. Bakalan kelihatan deh laba kotor kalian.


Lalu ketika bisnis kalian udah lumayan rame dan butuh 1 karyawan untuk menjaga outlet kalian, barulah kalian rekrut karyawan.


Ketika merekrut fokuslah ke karyawan itu. Ajari dia hal teknis operasional. Sampai pinter kayak kalian. Karena nanti karyawan ini yang akan melakukan pekerjaan kalian sehari-hari, jadi kalian gak terlalu capek dan bisa mengurus hal lainnya.


Di fase ini kalian sudah harus mulai berkenalan dengan aplikasi kasir online nutapos. Karena aplikasi nutapos ini yang akan membantu kalian merapikan pencatatan keuangan dan bisnis kalian.




Aplikasi kasir Nutapos ini yang akan membuat ember kalian tidak bocor, kalaupun bocor kalian bisa cepat tahu bocornya dibagian mana.


Ingat kisah air dan ember tadi diatas ya.


Aplikasi kasir nutapos ini adalah alat bantu untuk kalian agar mudah dalam mencatat keuangan, penjualan, membuatkan laporan penjualan secara otomatis, sehingga kalian bisa tahu hari ini omset berapa dan varian produk yang paling laris yang mana, larisnya terjual berapa pcs, uang modal di kasir juga akan terlacak secara rinci.


Jadi kalian tahu keluar masuknya uang kemana saja. RINCI.!


“Ah saya manual saja gak papa bocor Rp 5.000 gak papa.”


Memang cuma Rp 5.000 tapi kalau dikali 30 hari,kalau dikali 365 hari. Jadi besar kan!


Rp 5.000 x 30 hari = Rp 150.000/ bulan

Rp 5.000 x 365 hari Rp 1.825.000 setahun


Duh jadi besar juga kan angkanya. Pusing juga ya..hehe


Dengan menggunakan aplikasi Nutapos kebocoran diatas akan terhindar.


Ada banyak keuntungan kalau kalian mulai menggunakan aplikasi kasir online nutapos :


1. Menjalankan bisnis jadi lebih aman, terhindar dari kebocoran diatas. Semua uang masuk dan uang keluar akan tercatat secara OTOMATIS dan RINCI.


2. Transaksi penjualan di kasir jadi lebih MUDAH dan CEPAT. Anda cukup tap foto produk yang terjual lalu bayar, struk akan terprint otomatis ke printer.


3. Anda bisa mengontrol bisnis langsung dari handphone. Anda bisa melihat semua laporan penjualan, keuangan operasional, stok dan pembelian ke supplier langsung dari handphone anda secara real time. Gak perlu nunggu laporan pembukuan dari karyawan. Hebat kan!


4. Data bisnis anda akan tersimpan rapi di sistem cloud nutapos tanpa batasan waktu dan volume. Kami yang pikirkan semuanya. Anda cukup fokus ke bisnis anda sendiri.



Bagaimana sistem kerja aplikasi kasir online nutapos ini ?


Produk nutapos sudah ada di playstore, anda bisa langsung download dengan tablet atau Handphone android.


Setelah download anda akan mendapat gratis pemakaian selama 14 hari. Semua fitur bisa anda coba sendiri dan langsung praktekkan ke bisnis anda. Suruh karyawan anda menggunakannya.


5 hari sebelum masa percobaan habis, akan ada pengingat di nutapos untuk mulai berlangganan aplikasi kasir online nutapos.


Harga berlangganan produk ini hanya Rp 250.000/ bulan. Sangat terjangkau bukan untuk UKM seperti anda.


Harga diatas belum termasuk alat hardware. Hardware bisa beli pada kami sekaligus.

Bila anda cocok dengan aplikasi kasir nutapos maka anda bisa melakukan pembayaran langganan bulan pertama anda langsung di sistem nutapos.


Cara bayarnya mirip seperti saat anda membeli produk di bukalapak atau tokopedia ya. Mudah dan cepat.


Kalau anda masih gaptek dengan pembayaran seperti itu maka anda bisa langsung menghubungi Customer Service kami di www.nutapos.com ada menu “Dukungan” atau klik tombol Hijau bertuliskan “Online” di pojok kanan bawah.


Kalau masih susah buka website bisa langsung kontak nomor Customer Service kami dibawah ini ya agar anda bisa transfer secara manual :


Karina : 0813-9023-8796

Udin : 0896-3638-1486

Evi : 0813-3351-8396

Rani : 0813-3351-8276

Tintus : 0823-1369-9977

Ida : 0812-2933-0925

Alasan anda memilih aplikasi kasir online nutapos :


1. Mudah dipakai.

Layar dirancang bersih dan di sesuaikan dengan cara kerja orang indonesia sehingga anda dan karyawan anda akan sangat mudah menggunakan aplikasi nutapos


2. Telah dipercaya oleh ratusan UKM di seluruh indonesia

Sudah jelas ya, banyak UKM telah percaya pada Nutapos dan testimoni bisa lihat di website kami.


3. Dukungan ramah dan menyelesaikan masalah

Anda akan dilayani oleh 4 customer service cantik, ramah nutapos, mereka semua telah mendapatkan pelatihan aplikasi pembukuan dari nutapos


4. Akan mendapatkan +40 modul, +50 laporan bisnis, +20 fitur tambahan

Semua fitur diatas bisa anda gunakan yang akan menghemat operasional anda dan membantu mempercepat pertumbuhan bisnis anda.


5. Dirancang untuk bisnis UKM

mulai dari kuliner bisa berupa warung, restoran, coffeeshop, warung kopi, pujasera, bisa juga untuk bisnis retail, berupa toko kelontong, minimarket, toko bahan bangunan

Karena anda telah membaca artikel ini sampai selesai maka anda akan kami AKSES LANGSUNG ke halaman promo kami. Bisa klik disini :


Nutapos.com/promo-nutapos


Sampai disini dulu ya artikel hari ini. Semoga bisa membantu kalian sebelum membuka bisnis.


Ikuti chanel-chanel kami dibawah agar kalian bisa terus dapat artikel, tips-tips kami seputar bisnis UKM di Indonesia, motivasi bisnis, ide bisnis UKM, ebook premium, video bisnis, voucher nutapos dan semua hal tentang bisnis UKM.

Follow terus chanel kami :


Grup Facebook : Nutapos

Halaman Facebook : Nutaposid

Instagram : @nutapos

Blog website : https://www.nutapos.com/blog-aplikasi-kasir

29 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS