Ini Dia Tips Memulai Bisnis Kuliner di Yogyakarta!

sumber : chopback.co.id


Sebagai salah satu kota besar yang menjadi destinasi wisata dan belajar, membuka bisnis kuliner di Yogyakarta tentu cukup menjanjikan. Bayangkan, setiap tahunnya kota ini selalu menjadi magnet bagi wisatawan di Indonesia. Apalagi setelah diresmikannya Bandara Internasional Kulon Progo, otomatis Yogyakarta akan menjadi wilayah yang sibuk nantinya. Ada beberapa makanan khas Yogyakarta yang bisa Anda intip untuk dijadikan ide bisnis.


Peluang bisnis di Yogyakarta sebenarnya bukan hanya di bidang kuliner saja. Anda bisa mencoba bisnis lain seperti kerajinan atau properti, Jika Anda tertarik untuk bisnis kuliner, yang menjadi tantangan utama sebenarnya adalah pesaing dan kualitas. Hal penting yang harus diperhatikan oleh pebisnis pemula yang ingin membuka bisnis kuliner di Yogyakarta adalah memahami pasar, memahami produksi dan peta persaingan, menghindari kebiasaan buruk pebisnis pemula, dan mengatasi permodalan dengan kecermatan.


Para pebisnis pemula seringkali tidak memperhatikan secara cermat usaha yang sedang dijalankan, bahkan kadang mereka hanya ikut-ikutan saja. Ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya oleh pebisnis pemula, seperti tidak jelas dalam memposisikan produk, harga yang tidak wajar, servis yang tidak konsisten dan buruk, dan kontrol keuangan yang kurang cermat.

Berikut Nuta memberikan beberapa tips memulai bisnis kuliner di Yogyakarta untuk pemula.


Konsep yang Menarik

Memiliki konsep yang unik, menarik, dan berbeda adalah salah satu tips sukses merintis bisnis kuliner di Yogyakarta. Anda harus bisa membuat konsumen merasa terkesan sehingga mereka akan kembali lagi ke restoran Anda. Jika target Anda adalah wisatawan, ciptakan suasana resto yang kental akan budaya Yogyakarta.


Menetapkan Target Market yang Jelas

Anda harus jeli menentukan target market yang ingin dijangkau. Kadang, bisnis kuliner bisa menjadi tidak mudah seperti yang kita lihat di permukaan. Jika Anda membuka kedai di wilayah wisata akan berbeda dengan membuka kedai di wilayah kampus atau perkantoran. Ada aspek-aspek kecil yang harus diperhatikan dan dipelajari jika ingin usaha Anda sukses.


Membuat Inovasi

Orang akan bosan jika menu kuliner yang Anda tawarkan tidak jauh berbeda dengan kuliner di tempat lain. Apalagi jika kualitas rasanya sama saja. Oleh karena itu, inovasi menjadi penting untuk Anda perhatikan. Jika bisnis Anda baru, cobalah untuk membuat terobosan yang berbeda, entah dari segi menu yang lebih variatif, dekorasi restoran, atau pengalaman pengunjung.


Harga yang Terjangkau

Ada indikasi bahwa pendatang maupun turis yang datang ke Yogyakarta cenderung konsumtif. Oleh karena itu, janganlah terlalu takut dengan untung yang nantinya akan didapatkan. Berikan harga yang terjangkau untuk kuliner yang Anda jual agar bisa dinikmati berbagai kalangan.


Tetap Menjaga Reputasi dan Pelayanan

Kesalahan para pebisnis pemula yang bisnisnya sedang laris-larisnya adalah mengabaikan pelayanan. Jangan cepat puas saat bisnis Anda sedang lberjalan baik. Tetaplah jaga reputasi kepada pelanggan Anda agar mereka tidak kecewa. Tetap jaga aspek kebersihan, pelayanan, cita rasa, inovasi, dan harga agar bisnis Anda tetap mendapat kepercayaan terus menerus.


Selama menjalankan bisnis, tentunya tantangan akan selalu ada dan tidak Anda duga datangnya. Mengatur keuangan dan mencatat pembukuan adalah salah satu hal terberat yang biasa pebisnis keluhkan. Nutapos hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis kuliner Anda. Catat semua transaksi keuangan dan laporan bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan praktis dengan aplikasi pembukuan Nutapos. Yuk segera download di Playstore dan dapatkan free trial 15 hari!

6 tampilan

PERUSAHAAN

KERJA SAMA

MEMBER AREA

KANTOR

Pusat :

JOGJA DIGITAL VALLEY

Jl. Kartini no 7 Sagan Yogyakarta

Cabang :

Ruko Green Mansion Blok O no 10

Ngingas, Waru, Sidoarjo

@NutaPOS