top of page
  • Instagram Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • LinkedIn
  • YouTube Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner
  • TikTok Nutapos - Aplikasi Kasir Kuliner

6 Manfaat Aplikasi Kasir Online



Daftar Isi :


Buat kamu yang masih belum mengenal aplikasi kasir online, bahkan mengenal kata “aplikasi kasir online” pun baru kemarin sore dan sekarang ingin tahu lebih dalam tentang manfaat aplikasi kasir online, yuk sekarang mimin kupas ya.


Berikut beberapa manfaat aplikasi kasir online :


1. Mempercepat perhitungan total penjualan di meja kasir




Menghitung total penjualan di meja kasir dengan kalkulator terlihat sepele. Namun kalau kondisi outlet sedang rame pembeli akan terlihat melelahkan dan sangat berat. Rawan salah hitung, lama dalam menghitung total penjualan, belum lagi menulis manual dengan bolpen kalau salah tulis maka akan membuat nota jadi kotor dan tidak profesional di depan pelanggan dan juga nota rawan hilang dalam penyimpanan.


Semua masalah diatas bisa teratasi jika menggunakan aplikasi kasir online di outlet kamu.


Total penjualan akan dihitung otomatis oleh sistem di aplikasi kasir online sehingga seorang kasir bisa tetap fokus melayani pelanggan.


Diskon produk dalam persen juga menambah kerumitan hitung di meja kasir oleh seorang kasir, tapi tenang saja, perhitungan diskon persen juga akan dihitung otomatis oleh sistem.


Jika outlet kamu bekerjasama dengan layanan ojek online seperti Gofood, Shopeefood atau GrabFood maka perhitungan share revenue juga otomatis dihitung oleh aplikasi kasir online.


Jika outlet kamu mengenakan pajak PPN atau pajak daerah pada pelanggan, aplikasi kasir online juga akan menghitungnya otomatis.


PPN atau pajak daerah dalam persen sering membuat angka total penjualan menjadi jelek/ susah untuk uang kembalian. Tapi tidak masalah, di aplikasi kasir online biasanya sudah tersedia fitur “pembulatan angka”, jadi angka total penjualan tetap realistis untuk uang kembalian.


Dengan aplikasi kasir online, seorang kasir cukup melakukan scan barcode atau pilih foto produk yang dibeli oleh pelanggan selanjutnya sistem yang akan menghitung. Mudah dan praktis kan.



2. Menghilangkan lembur saat tutup outlet




Yang sering terjadi ketika outlet masih mencatat menggunakan kertas nota manual, biasanya saat mau tutup outlet, kasir lembur untuk melakukan perhitungan rekap penjualan.


Menghitung rekap penjualan adalah aktifitas pencocokan antara nota yang tercatat dengan uang hasil penjualan yang terjadi di hari ini.


Penghitungan ini juga menguras waktu, pikiran dan sangat melelahkan jika terjadi selisih angka antara nota kertas dengan pettycash yang ada di laci kasir.


Dengan aplikasi kasir online, penghitungan rekap penjualan akan dihitung otomatis. Jadi kasir gak perlu hitung manual lagi dengan kalkulator.


3. Menyimpan data penjualan lebih aman dan mudah diakses





Menyimpan data penjualan juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik bisnis yang masih menggunakan pencatatan manual dengan kertas. Pemilik bisnis akan menyimpan buku pembukuan dalam lemari.


Setiap tahun pasti jumlah buku tersebut akan terus bertambah yang akan membuat lemari penyimpanan semakin penuh.


Menyimpan data bisnis dalam buku fisik dan lemari sangatlah tidak efisien, rawan, hiilang, rusak, robek, dimakan rayap, kebakaran dan yang paling utama adalah kamu sebagai pemilik bisnis tidak bisa mengolah data bisnis tersebut dengan cepat.


Emang seberapa penting sih data bisnis itu kenapa kok harus disimpan dengan baik ?


Kenapa gak setelah terjadi tranaksi langsung dibuang aja, atau maksimal 1 tahun setelah itu dibuang ?


Nah mungkin sebagian besar UKM punya pikiran seperti itu. Itu adalah pemikiran yang salah.


Begini.


Saat kita memiliki bisnis, kita sebagai pemilik pasti akan selalu dihadapkan pada satu hal.


Satu hal ini yang akan sangat vital sekali. Satu hal ini yang akan sangat menentukan apakah bisnis kita bisa bertahan atau malah tutup.


Satu hal ini adalah “Keputusan”.


Cara yang paling bijak dalam mengambil keputusan aalah berdasarkan “data” bukan “Feeling”.


Kamu membutuhkan data apakah kamu harus membuka cabang baru atau tidak. Kamu membutuhkan data apakah kamu harus membuat produk turunan atau tidak. Kamu membutuhkan data apakah kamu harus menambah tim atau tidak.


Ingat “data” bukan “feeling”


Dari mana kamu bisa dapat data ?


Tentu saja dari transaksi bisnis yang sudah tercatat dan sudah kamu lakukan.


Dapat gambaran sekarang kan, kenapa data bisnis itu penting untuk keberlangsungan bisnis kamu.


Kita kembali ke penyimpanan data bisnis tadi.


Aplikasi kasir online membantu kamu menyimpan data bisnis dengan aman, tanpa batas volume, tanpa batasan waktu, bisa diakses dari manapun dengan device apapun, dan tentu saja data sudah diolah oleh sistem jadi kamu cukup mengatur periode atau filter yang dibutuhkan.


Kenapa bisa secanggih itu ?


Itu karena aplikasi kasir online menyimpan data bisnis kalian menggunakan teknologi cloud/ awan. Maksudnya apa ?


Maksudnya adalah data bisnis kalian tersimpan di hardisk yang mana hardisk tersebut berada di internet.


4. Memudahkan dalam kontrol bisnis yang memiliki banyak cabang




Bisa bayangkan punya cabang 100 outlet di seluruh indonesia atau dunia, gimana cara kontrolnya ?


Tanpa teknologi tentu akan makan banyak biaya dan tenaga. Kamu bisa saja saling berkirim email, saling telpon atau chat ataupun zoom dan google meet dengan tim outlet di luar kota atau negara lain untuk memberi dan menerima laporan bisnis setiap hari.


Tapi itu masih kurang efisien, masih boros waktu karena harus menyiapkan laporannya terlebih dahulu setelah itu barulah dikirim ke kamu sebagai pemilik bisnis, akhirnya laporannya tidak bisa real time.


Dengan aplikasi kasir online kamu bisa melihat laporan omset semua outlet kamu hanya dengan log in ke sebuah website, dan laporan omset yang kamu lihat disitu adalah laporan omset real time artinya laporan omset yang terjadi saat itu juga.


Kecepatan dan kemudahan dalam melihat laporan bisnis secara real time ini benar-benar membuat kamu memiliki kontrol penuh terhadap bisnis kamu. Kamu bisa tahu apa yang terjadi di outlet lain dengan mudah saat itu juga.



5. Menghemat biaya operasional




Diawal saat kamu memutuskan untuk beralih menggunakan aplikasi kasir online maka kamu akan membeli perangkat kasir dan mulai membayar biaya langganan aplikasi kasir online.


Betul kamu akan mengeluarkan uang yang mungkin bagi kamu jumlahnya relatif besar.


Mungkin saja pikiran kamu yang masih belum terima dan terbuka atas hal itu kamu anggap itu mahal dan buang-buang uang saja.


Wajar.


Tapi apakah kamu berfikir keuntungan yang kamu dapatkan setelah kamu mengeluarkan biaya diatas ?


Biaya operasional bisnis kamu akan turun, produktivitas akan meningkat dan bisnis akan lebih profit.


Sebelum kamu menggunakan aplikasi kasir online, karyawan kasir kamu akan sibuk menulis nota di depan pelanggan.


Setelah menggunakan aplikasi kasir online, karyawan kasir kamu akan lebih cepat dalam membuat nota sehingga punya waktu luang untuk mengerjakan hal produktif lainnya, misal membantu pelayan melipat tisu, ikut menyajikan hidangan pada nampan, memasukkan sedotan pada gelas minuman dan pekerjaan-pekerjaan ringan lainnya yang masih bisa dikerjakan oleh kasir.


Dan ini dilakukan berulang setiap hari. Tidak perlu rekrut pelayan tambahan. Kasir kamu saja suruh bantu-bantu.


Jadi hemat berapa rupiah ya atas bantuan kecil dari kasir tersebut ? kamu sendiri yang bisa menghitungnya.


Biaya operasional jadi turun betul ?



6. Meningkatkan keamanan




Pernah merasa outlet rame tapi uang setoran dari kasir sedikit ?


Kalau belum, bersyukurlah.


Kalau sudah, hati-hati kemungkinan ada kecurangan pada kasir anda.


Kecurangan gimana maksudnya ?


Uang di laci kasir anda diambil secara halus maupun kasar oleh kasir kamu. Secara halus artinya kasih mengambil uang di laci kasir sedikit demi sedikit tapi setiap hari.


Secara kasar maksudnya diambil dalam jumlah banyak dalam interval waktu tertentu agar kamu tidak tahu.


Tapi uang hasil penjualan sudah saya cocokkan dengan jumlah nota dan angkanya cocok kok.


Begini cara kasir curang mulai menjalankan modus operandinya :


Pelanggan pesan menu pada kasir, pelanggan bayar, nota salinan dibuang oleh kasir kamu, uang pelanggan masuk ke kantong kasir kamu.


Jika anda ingin menggunakan teknologi aplikasi kasir online bisa langsung chat Customer Support Mbak karina disini ya 0813-9023-8796



Comments


bottom of page